UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN STATISTIK BAGI SISWA KELAS VI SDN 1 BOJANEGARA SIGALUH

Detail Cantuman

Prodi PGMI

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN STATISTIK BAGI SISWA KELAS VI SDN 1 BOJANEGARA SIGALUH

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VI pada materi mean, median dan modus 2) untuk mengetahui bagaimana penggunaan media papan statistik dalam materi mean, median dan modus 3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media papan statistik.
Skripsi ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti bertindak sebagai guru. Teknik pengumpulan data mengguanakan lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang upaya meningkatkan pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD N 1 Bojanegara yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 15 siswa lakilaki dan 5 siswa perempuan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus selama 4 kali pertemuan. Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu: Rencana Umum Tindakan Siklus, Pelaksanaan Tindakan, Refleksi. 2) Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat diketahui ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 40% dengan nilai rata-rata kelas 58,55, pada siklus I sebesar 55% dengan nilai rata-rata kelas 63%dan siklus II sebesar 85% dengan nilai rata-rata kelas 75,65. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 12,65%. 3) Dalam siklus II terdapat 3 anak yang belum tuntas atau belum memenuhi KKM dikarenakan kurangnya fokus pada saat berlangsungnya proses pembelajaran di kelas yang kurang mendukung, kenyamanan kelas ada yang ribut di dalam kelas, kurangnya motivasi dalam belajar, suka menunda-nunda pekerjaan, dan bermalas-malasan. Itu menjadi alasan mengapa siswa tersebut belum memenuhi KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VI di SD N 1Bojanegara, Sigaluh.
Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar, Mean, Median dan Modus, Media Papan Statistik.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Wahyu Nuria Handayani - Personal Name
Student ID
2019030001
Dosen Pembimbing
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail