IMPLEMENTASI MEDIA VIDEO KINEMASTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA TEMA TATA SURYA KELAS V DI MI MUHAMADIYYAH KARANG TALUN TAHUN AJARAN 2023

Detail Cantuman

Prodi PGMI

IMPLEMENTASI MEDIA VIDEO KINEMASTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA TEMA TATA SURYA KELAS V DI MI MUHAMADIYYAH KARANG TALUN TAHUN AJARAN 2023

XML

Perencanaan dalam pembelajaran merupakan hal yang penting untuk itu guru dituntut untuk mempunyai kreativitas serta inovatif agar tujuan dari pembelajaran tersbut tercapai. Namun pada kenyataanya dalam proses pembelajaran di MI Muhammadiyah Karang Talun di Kelas V pada pembelajaran IPA masih ditemukan kurangnya penggunaan media pembelajaran oleh guru sehinngga siswa kurang memahami terhadap materi yang disampaikan, untuk itu perlunya adanya penggunaan media. Salah satunya penggunaan media video Kinemaster yang guru buat dengan menyesuaikan materi yang disamapaikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan media video kinemaster dengan yang tidak menggunakan media video kinemaster, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas 5 di MIM Karang Talun setelah penggunaan media video kinemaster.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah ini adalah desain One Group Pretestposttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data nilai pretest sebelum perlakuan dan soal posstest setelah perlakuan. Adapun populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa dan sampel yang digunakan seluruh siswa kelas V.
Kesimpulan dari penellitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas pada saat menggunakan media video kinemaster dengan kelas pada saat tidak menggunakan media video kinemaster pada pembelajaran IPA tema tata surya siswa kelas V MIM Karangtalun dengan koefisien 82%. Hal tersebut diperoleh dari t test bahwa nilai signifikansi (0,002) < (0,05) dan nilai Thitung (3,471) > Ttabel (2,354). < (0,05) dan Thitung > Ttabel dan dari hasil perhitungan N gain diperoleh nilai 39,45.
Kata kunci: Media, Hasil Belajar,Materi IPA, dan Kinemaster.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Veno Romadhonna Suratno - Personal Name
Student ID
2019030075
Dosen Pembimbing
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Dosen Pembimbing 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Ahmad Khoiri,M.Pd - - Penguji 1
Maryono, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail