PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS III MI MA’ARIF KLIWONAN WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS III MI MA’ARIF KLIWONAN WONOSOBO

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pop-up book berbasis komik dengan siswa yang tidak menerapkan; 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan yang menggunakan media pop-up book berbasis komik dan yang tidak menerapkan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif lapangan dengan jenis penelitian quasi experimental research yang menggunakan desain non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif Kliwonan Wonosobo. sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 28 siswa dan kelas kontrol berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis yaitu ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? atau 11,150 > 2,006 dengan taraf signifikansi 5% dan 11,150 > 2,673 dengan taraf signifikansi 1%; 2) Adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal itu dibuktikan dengan hasil perhitungan uji gain yaitu kelas eksperimen sebesar 0,774 dengan kategori tinggi dan 0,455 dengan kategori sedang pada kelas kontrol.
Kata kunci: Pop-Up Book, Komik, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Umi Sofiyatun Masruroh - Personal Name
Student ID
2019030074
Dosen Pembimbing
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail