PEMBELAJARAN TAJWID MENGGUNAKAN NADHOM KITAB HIDAYATUS SHIBYAN DI TPQ AL-HUDA KALIBEBER WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PEMBELAJARAN TAJWID MENGGUNAKAN NADHOM KITAB HIDAYATUS SHIBYAN DI TPQ AL-HUDA KALIBEBER WONOSOBO

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan pembelajaran tajwid menggunakan nadhom kitab Hidayatus Syibyan pada santri TPQ Al-Huda Kalibeber; 2) mengetahui kualitas bacaan al-Qur‟an pada santri TPQ Al-Huda Kalibeber; 3) mengetahui factor pendukung dan penghambat dari pembelajaran tajwid menggunakan nadhom kitab Hidayatus Syibyan pada santri TPQ Al-Huda.
Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, penelitian kualitatif adalah penelitian mengenai riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Teknik pengumpulan data yang merupakan cara peneliti dalam mengumpulkan data-data yang relevan diperoleh dari hasil wawancara, angket, observasi, dan catatan di lapangan. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sehingga dapat difahami dengan mudah, dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dengan menggunakan kitab hidayatus syibyan dalam pembelajaran tajwid, menjadi salah satu pelajaran favorit bagi santri-santrinya. Pembelajaran yang sering dilaksanakan dengan lalaran nadhom ini menjadikan para santri semangat untuk mengikuti pembelajaran. Pembelajaran dengan kegiatan melantunkan syiiran menjadi salah satu ketertarikan tersendiri kepada para santri, hal ini sangat menunjang para santri dalam pemahaman tajwid. 2) Penggunaan Kitab Hidayatus Shibyan dalam pembelajaran tajwid di TPQ Al-Huda Kalibeber menghasilkan dampak positif dan efesien dalam meningkatkan kualitas membaca al-Qur‟an. Pembelajaran tajwid menjadi mudah dipahami dan mudah dihafalkan karena dalam bentuk syair. Santri lebih faham hukum-hukum ilmu tajwid yang telah dijelaskan disetiap baitnya. Jika hal tersebut terpenuhi, maka dalam praktek membaca al- Qur‟an akan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid. 3) Faktor pendukung dalam pembelajaran ini adalah motivasi dan peran guru, kegiatan takrir kitab sebelum pembelajaran, fasilitas yang memadai dan sumber pembelajaran yang sudah tersedia. Sedangkan faktor penghambatnya adalah alokasi waktu yang singkat, tingkat kemampuan siswa yang berbeda-beda, kedisiplinan anak yang tidak stabil.
Kata Kunci: Pembelajaran Tajwid, Nadhom, Kitab Hidayatus Syibyan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Umi Fadillah - Personal Name
Student ID
2019030055
Dosen Pembimbing
H. Ahmad Zuhdi, M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail