PENERAPAN PEMBELAJARAN OFFLINE DALAM MATERI PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA MI AL FATAH PARAKANCANGGAH BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENERAPAN PEMBELAJARAN OFFLINE DALAM MATERI PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA MI AL FATAH PARAKANCANGGAH BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

XML

Skripsi ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Offline materi pecahan mata pelajaran matematika siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al Fatah Parakancanggah Banjarnegara Tahun Pelajaran 2022/2023. 2).Untuk mengetahui kendala penerapan pembelajaran Offline materi pecahan mata pelajaran matematika pada siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al Fatah Parakancanggah Banjarnegara Tahun Pelajaran 2022/2023. 3).Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran Offline materi pecahan mata pelajaran matematika siswa Kelas V di MI Al Fatah Parakancanggah Banjarnegara Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, adapun subyek penelitian ini adalah kepala, guru dan siswa di MI Al Fatah Parakancanggah. Pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumen, kemudian disajikan bersifat deduktif induktif. Selanjutnya, dianalisis dengan model analisis interaktif. Tiga komponen analisis yakni reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasinya, yang dilakukan secara interaktif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Penerapan pembelajaran offline materi pecahan pelajaran matematika siswa kelas V MI Al Fatah Parakancanggah melalui tatap muka terbatas dan tatap muka penuh yang meliputi perencanaan, materi, pelaksanaan dan penutup, hal tersebut yang menyebabkan pembelajaran offline didesain sedemikian rupa sehingga tujuan dan program pembelajaran dapat berjalan secara optimal. Pembelajaran offline materi pecahan pelajaran matematika kelas V di MI Al Fatah Parakancanggah dilakukan dengan menggunakan buku paket dan pemberian tugas untuk dikerjakan baik secara individu dan kelompok 2). Kendala penerapan pembelajaran online materi pecahan pelajaran matematika MI Al Fatah Parakancanggah yakni ketidaksiapan guru untuk beradaptasi dengan konsisi saat ini, sarana dan prasarana yang belum memadai, minat baca dan belajar siswa relatif rendah, kurangnya perhatian dan pemahaman orang tua, penilaian guru terhadap tugas siswa relatif sulit, serta ketaatan siswa pada protokol kesahatan relatif rendah seperti kesadaran siswa dalam memakai masker dan pembagian waktu pada saat pembelajaran. 3). Evaluasi pembelajaran offline mata pelajaran matematika kelas V di MI Al Fatah Parakancanggah dilakukan dengan menggunakan post test dimana guru memberikan soal-soal latihan kepada siswa berupa soal-soal yang terdapat di dalam buku paket matematika siswa. Evaluasi dilakukan secara berkelompok yakni guru membuat kelompok belajar sesuai dengan kemampuan siswa dikarenakan evaluasi kelompok sesuai digunakan, mengingat siswa membutuhkan perhatian dan bimbingan yang berbeda.
Kata Kunci: Pembelajaran Offline, Materi Pecahan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Tikfi Maghfuroh - Personal Name
Student ID
2016030108
Dosen Pembimbing
Drs. H. Nasokah, alh.,M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail