KONSEP SEKOLAH YANG MEMERDEKAKAN: SD SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) YOGYAKARTA

Detail Cantuman

Prodi PGMI

KONSEP SEKOLAH YANG MEMERDEKAKAN: SD SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) YOGYAKARTA

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pengembangan kurikulum yang memerdekakan SD SALAM Yogyakarta; 2) penerapan metode dan evaluasi pembelajaran di SD SALAM Yogyakarta; 3) faktor pendukung dan penghambat pengembangan kurikulum yang memerdekakan SD SALAM Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Library Research. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi, di mana sumber data primer dan data sekunder diklasifikasikan menurut masing-masing objek pembahasan. Kemudian, setelah diklasifikasi diuraikan ke dalam sub bab-sub bab sehingga menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) SD SALAM mengembangkan kurikulum sendiri yang tercantum dalam Garis Besar Proses Belajar SALAM yang merupakan perwujudan dari kurikulum nasional dan model pembelajaran berbasis riset; 2) SD SALAM menggunakan metode pembelajaran berbasis riset yang dalam prosesnya melibatkan orang tua, fasilitator dan memanfaatkan lingkungan sekitar. Sedangkan evaluasi di SD SALAM menggunakan diskusi reflektif untuk mengevaluasi kegiatan harian, dan presentasi di akhir semester di mana peserta didik mempresentasikan hasil risetnya; 3) Faktor pendukung pengembangan kurikulum yang memerdekakan SD SALAM adalah keterlibatan orang tua dan kemampuan fasilitator dalam memahami perkembangan peserta didik, sedangkan faktor penghambatnya adalah melekatnya paradigma guru sebagai sumber pengetahuan peserta didik dan tunggakan biaya pendidikan.
Kata kunci: Sekolah Alternatif, Sanggar Anak Alam, Merdeka Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Siti Zulfa Amalia - Personal Name
Student ID
2018030113
Dosen Pembimbing
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail