PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAKOTA (DAKON MATEMATIKA) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI GUPPI 02 JEMBANGAN PUNGGELAN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAKOTA (DAKON MATEMATIKA) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI GUPPI 02 JEMBANGAN PUNGGELAN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana penggunaan alat peraga dakota (Dakon Matematika) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV Di MI Guppi 02 Jembangan, Punggelan, Banjarnegara tahun pelajaran 2022/2023. (2) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV Di MI Guppi 02 Jembangan, Punggelan, Banjarnegara Tahun Pelajaran 2022/2023. (3) Adakah pengaruh penggunaan alat peraga dakota (dakon matematika) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV Di MI Guppi 02 Jembangan, Punggelan, Banjarnegara Tahun Pelajaran 2022/2023. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitaif, Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, analisi pendahuluan dan analisis uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah : (1) Pengunaan media dakon matematika (Dakota) dari hasil perhitingan angket adalah sebesar 40,23 masuk dalam kategori cukup baik.(2) Motivasi belajar pada siswa MI Guppi 02 Jembangan Punggelan Banjarnegara dari hasil perhitungan angket sebesar 44,28 masuk katagori baik. (3) Pengaruh pengunaan media dakon matematika (Dakota) terhadap karakter motivasi belajar siswa kelas IV MI Guppi 02 Jempangan Punggelan Banjarnegara maka digunakan uji regresi. Berdasarkan hasil analisis di atas diperoleh persamaan regresinya adalah Y = 30,42 +0,44 x. Hasil tersebut menunjukkan adanya pengaruh positif antara Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan bahwa ”Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan alat peraga dakon matematika (Dakota ) Terhadap Motivasi belajar siswa pada siswa kelas IV MI Guppi Jembangan Punggelan Banjarnegara”. Sedangkan Hipotesis nol (Ho) yang menyatakan ”Tidak Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan alat peraga dakon matematika (Dakota ) Terhadap Motivasi belajar siswa pada siswa kelas IV MI Guppi Jembangan Punggelan Banjarnegara . ditolak.
Kata Kunci : Penggunaan Alat Peraga Dakota (Dakon Matematika), Motivasi Belajar Siswa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Septi Ratna Rahmawati - Personal Name
Student ID
2018030115
Dosen Pembimbing
Hidayatu Munawaroh, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Sofan Rizqi, Alh., S.Pd.I.,M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Moh. Sakir, M Ag - - Penguji 1
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail