IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI MA’ARIF KANDANGAN GARUNG WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi PGMI

IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI MA’ARIF KANDANGAN GARUNG WONOSOBO

XML

Skripsi ini mempunyai tujuan (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok kelas eksperimen yang menggunakan metode permainan ular naga dengan kelompok kelas kontrol yang menggunakan lembar kegiatan siswa atau LKS. (2) untuk mengetahui berapa besar penigkatan hasil belajar siswa antara kelompok kelas eksperimen yang menggunakan metode permainan tradisional ular naga dengan kelompok kelas kontrol yang menggunakan lembar kegiatan siswa atau LKS. (3) untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan permainan tradisional ular naga dalam peningkatan hasil belajar. Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jeis penelitian lapangan yaitu eksperimen dengan desain quasi experimental. Sampel dipilih menggunakan teknik non probability purposive sampling atau memilih sampel atas berdasar tujuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Ma’arif Kandangan Garung Wonosobo tahun ajaran 2022/2023 yang kemudian diambil dua kelas sebagai sampel, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan saru kelas sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi, tes yaitu berupa pretest dan posttest selain itu terdapat angket respon siswa dan dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan Uji-t dan Uji Lanjut atau Uji-gain dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda. Hal ini dibuktikan dengan H0 ditolak dan Ha diterima dengan perolehan thitung sebesar 10.232 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 2.012. Sehingga thitung > ttabel yaitu 10,232 > 2,012. Kedua, sesuai dengan uji hipotesis dan N-gain terbukti bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan permainan tradisional ular naga. Nilai rata-rata untuk masing-masing kelas yaitu 50% atau 49.79 dan kelas kontrol 26% atau 26.09. Kemudian dari hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan permaianan tradisional ular naga menemukan hasil yang baik, ini dibuktikan dengan presentase perindikator yang memperoleh nilai rata-rata 83%
Kata kunci: Hasil Belajar, LKS dan Permainan Tradisional Ular Naga.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Reza Alifia - Personal Name
Student ID
2019030202
Dosen Pembimbing
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Ahmad Khoiri,M.Pd - - Penguji 1
Maryono, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail