IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANAK KELAS IV MI MA’ARIF LIPURSARI KECAMATAN LEKSONO KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Detail Cantuman

Prodi PGMI

IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANAK KELAS IV MI MA’ARIF LIPURSARI KECAMATAN LEKSONO KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2023/2024

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :(1)bagaimana implementasi pendekatan matematika melalui permainan engklek pada anak kelas IV MI Ma’arif Lipursari Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo.(2) adakah peningkatan hasil belajar matematika setelah di implementasikan pendekatan matematika melalui permainan engklek pada anak kelas IV MI Ma’arif Lipursari Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo.(3) adakah perbedaan hasil belajar matematika pada anak kelas IV MI Ma’arif Lipursari Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo antara sebelum di implementasikan pendekatan matematika melalui permainan engklek dan setelah diimplementasikan pendekatan matematika melalui permainan engklek. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Lipursari Leksono Wonosobo yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, analisi pendahuluan dan analisis uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan Matematika melalui permainan engklek untuk meningkatkan keterampilan anak di kelas IV MI Ma’arif Lipursari Leksono Wonosobo meliputi beberapa proses, antara lain: (a) Perencanaan Pembelajaran dengan permainan engklek, Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat identitas mata pelajaran, standar kompetensi (SK), Kompetensi dasar (KD), Indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan sumber belajar. Implementasi matematika melalui permainan engklek, pada saat pembelajaran terdapat soal pada papan engklek yang harus peserta didik jawab. (2) Peningkatan hasil belajar matematika anak kelas IV MI Ma’arif Lipursari Leksono Wonosobo Tahun Pelajaran 2023/2024 termasuk dalam kategori cukup, didasarkan pada hasil uji g diperoleh nilai gain sebesar 0,65. (3) Perbedaan Hasil belajar matematika anak kelas IV MI Ma’arif Lipursari Leksono Wonosobo sebelum dan sesuadah pendekatan matematika dengan permainan engklek meningkat hal ini ditunjukan dengan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 9,911 > 2,947/2,131
Kata Kunci :Matematika, Permainan Tradisional Engklek .


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Puji Astuti - Personal Name
Student ID
2018030101
Dosen Pembimbing
Nasokah, Alh., M.Ag. - - Dosen Pembimbing 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail