PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELAS IV MI MAARIF NU KLESMAN MOJOTENGAH WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELAS IV MI MAARIF NU KLESMAN MOJOTENGAH WONOSOBO

XML

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman kosakta Bahasa Inggris setelah pelaksanaan pembelajaran outdoor (2) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman kosakata peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap penerapan pembelajaran outdoor, (3) Untuk mengetahui bagaimana keterlaksaan pembelajaran outdoor pada proses pemahaman kosakata Bahasa Inggris kelas IV MI Ma’arif NU Klesman Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di MI Ma’arif NU Klesman Mojotengah Wonosoo. peneliti menggunakan model quasi experimental design yaitu adanya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Adapun variabel bebasnya yaitu penerapan pembelajaran outdoor, dan variabel terikatnya adalah peningkatan pemahaman kosakata Bahasa Inggris. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Untuk Teknik analisis datamenggunakan analisis pendahuluan dan uji hipotesis.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Adanya peningkatanpemahaman kosakata Bahasa Inggris setelah diterapkan pembelajaran outdoor.Hal ini dibuktikan dengan pretest dan posttest terkait materi Describing thingsyang menggunakan uji gain kelompok eksperimen sebesar 0,747, (2) Adaperbedaan peningkatan pemahaman kosakata Bahasa Inggris kelas IV MI Ma’arifKlesman Mojotengah Wonosobo, antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Haltersebut dibuktikan dengan perhitungan analisis data menggunakan uji t-test,maka diperoleh ????ℎ???????????????????? sebesar 3,717 lebih besar dari ???????????????????????? yang mana sebesar2,04 pada taraf signifikansi 5% dan 2,75 pada taraf signifikansi 1% karena> ???????????????????????? maka ???????? diterima bahwa dengan adanya penerapan pembelajaranoutdoor dapat meningkatkan pemahaman kosakata Bahasa Inggris kelas IV MIMa’arif NU Klesman Mojotengah Wonosobo. (3) Penerapan pembelajaranoutdoor untuk meningkatkan pemahaman kosakata Bahasa Inggris kelas IV MIMa’arif NU Klesman Mojotengah Wonosobo dilaksanakan sesuai RPP denganpresentase keterlaksanan 89%.
Kata Kunci: Pembelajaran outdoor, Kosakata Bahasa Inggris


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ni'matur Rizqiyani - Personal Name
Student ID
2019030069
Dosen Pembimbing
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Abdul Majid, M.Pd - - Penguji 1
Sri Jumini, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail