PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF KLESMAN MOJOTENGAH WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF KLESMAN MOJOTENGAH WONOSOBO

XML

Tujuan dari penelitian ini: (1) Untuk mengetahui perbedaan keaktifan antara siswa yang menggunakan model active learning tipe everyone is a teacher here dengan siswa yang tidak menerapkan (2) Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV yang menerapkan model active learning tipe everyone is a teacher here.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental research desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif Klesman Mojotengah Wonosobo dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan 30 siswa masing-masing kelas. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan :1) Ada perbedaan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis yaitu ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? atau 4,39 > 2,002 dengan taraf signifikansi 5% dan 4,39 > 2,663 dengan taraf signifikansi 1 %. 2) Adanya peningkatan keaktifan belajar matematika siswa kelas IV pada kelas eksperimen sebesar 0,423 dan berkategori sedang.
Kata Kunci: Active Learning, Everyone Is A Teacher Here, Keaktifan Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dian Putri Agustiani - Personal Name
Student ID
2019030067
Dosen Pembimbing
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail