Prodi PGMI
PERAN GURU PKN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERANSI PADA SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF MANGGISAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024
XMLPenelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui usaha guru PKn dalam membentuk karakter toleransi pada siswa kelas IV di MI Ma‟arif Manggisan. 2) Untuk mengetahui keadaan karakter toleransi pada siswa kelas IV di MI Ma‟arif Manggisan. 3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembentukan karakter toleransi siswa kelas IV di MI Ma‟arif Manggisan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Kemudian sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder (wawancara, observasi, dokumentasi, buku-buku referensi yang berkaitan dengan penelitian, Artikel, Jurnal, dan Situs internet). Adapun teknis analisis data yang digunakan adalah teknik anasisis model interaktif, dimana terdapat tiga kegiatan analisis diantaranya reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan pengumpulan data tersebut merupakan proses interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran Guru saat melakukan pembelajaran PKn di kelas IV MI Ma‟arif Manggisan berjalan dengan baik dan efektif, karena guru menggunakan media pembelajaran dengan menyesuaikan materi Pelajaran yang akan disampaikan. Di MI Ma‟arif Manggisan ini telah menerapkan karakter toleransi pada peserta didik, khususnya siswa kelas IV, dengan menggunakan metode pembelajaran seperti mengajarkan nilai-nilai dan norma-norma yang baik. 2) Pembelajaran PKn di kelas IV dalam menerapkan Pendidikan karakter toleransi seperti karakter keagamaan, kedisiplinan, tanggung jawab, jujur, peduli lingkungan, gotong royong, dan karakter social di MI Ma‟arif Manggisan sudah berjalan dengan baik, dapat dilihat dari kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh peserta didik. 3) Faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembentukan karakter toleransi pada siswa yaitu tersedianya fasilitas sekolah yang baik, terciptanya lingkungan yang kondusif, dan adanya motivasi dari semua guru. Adapun yang menjadi faktor penghambat pembentukan karakter toleransi siswa kelas IV yaitu kurangnya daya tangkap anak yang berbeda-beda, kurangnya kesadaran siswa, dan terdapat siswa yang kurang memahami sikap toleransi.
Kata kunci: Peran Guru, Karakter Toleransi Siswa, Pendidikan Kewarganegaraan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Chusnul Ayu Azizah - Personal Name
|
Student ID |
2019030016
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PGMI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |