Prodi PGMI
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SD Al-MADINA WONOSOBO TAHUN AJARAN 2022/2023
XMLSkripsi ini bertujuan untuk : 1) untuk menyelidiki Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembentukan katakter siswa di SD Al-Madina Wonosobo; 2) untuk mengetahui strategi penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembentukan karakter siswa di SD Al-Madina Wonosobo.
Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, penelitian kualitatif adalah penelitian mengenai riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Penelitian dilakukan di SD Al- Madina Wonosobo dengan partisipan siswa kelas I dan kelas IV yang terlibat dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan pihak Kepala Sekolah, Kepala Kurikulum, Guru Kelas I dan Kelas IV, serta analisis dokumen terkait pelaksanaan Kurikulum Merdeka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Menurut Kepala Sekolah SD AlMadina, pembentukan karakter siswa dalam kurikulum merdeka sesuai dengan ketentuan karakter kurikulum yang ada, seperti profil pelajar pancasila. Hal ini pun telah dilaksanakan sebelum adanya kurikulum merdeka. (2) Strategi yang dilaksanakan sekolah dalam menerapkan kurikulum merdeka dalam pembentukan karakter siswa salah satunya ialah dengan melakukan pembiasaan di setiap hari.
Kata Kunci: Kurikulum, Modul, Karakter, SD Al-Madina Wonosobo
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Aza Ima Rahmatika - Personal Name
|
Student ID |
2019030085
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PGMI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |