PENERAPAN MEDIA FIND THE CARD TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS KELAS 4 DI SDN 1 KALIWIRO TAHUN AJARAN 2022/2023

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENERAPAN MEDIA FIND THE CARD TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS KELAS 4 DI SDN 1 KALIWIRO TAHUN AJARAN 2022/2023

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penggunaan media Find The Card pada pembelajaran Bahasa Inggris di kelas 4 SDN 1 Kaliwiro tahun ajaran 2022/2023. 2) Mengetahui apakah penerapan media Find The Card dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris kelas 4 SDN 1 Kaliwiro tahun ajaran 2022/2023. 3). Mengetahui perbedaan hasil belajar bahasa inggris yang menggunakan media Find The Card dengan yang menggunakan metode Konversional.
Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dimana jenis penelitiannya bersifat eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pretest dan posttest, observasi, kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Kemudian, sumber data diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder (referensi yang beraitan dengan vektor, skripsi terdahulu, artikel-artikel, jurnal dan situs internet).
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) proses belajar mengajar selama ini masih menggunakan model konvensional, sehingga selama KBM peserta didik kerap merasa jenuh dan bosan, find the card merupakan media baru yang diterapkan pada siswa kelas 4 SDN 1 kaliwiro tahun pelajaran 2022/2023. Dengan menggunakan media ini pembelajaran akan menjadi semakin menarik dan siswa lebih antusias dalam melaksanakan pembelajaran. 2) pembelajaran bahasa inggris materi Fruits, Animals, Jobs, Things at home & school dengan media find the card pada siswa kelas 4 SDN 1 kaliwiro dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dari perolehan data uji gain bahwa N-gain score pada kelas eksperimen adalah 0,541 dengan kriteria sedang dengan persentase tafsiran 54 yang berarti kurang efektif. 3) ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest yang menggunakan media find the card lebih tinggi yakni 82 dibanding kelas control 67,64. Hal tersebut sesuai dengan hasil uji-t yang diperoleh hasil bahwa thitung > ttabel atau 2,3 > 2,021 dengan taraf signifikan 5%. Maka Ha diterima dan H0 ditolak.
Kata kunci : media, find the card, hasil belajar, bahasa inggris


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Asih Wahyuni - Personal Name
Student ID
2019030018
Dosen Pembimbing
Dr. Asep Sunarko, M.Pd. I. - - Dosen Pembimbing 1
Pamungkas Setiya Mulyani, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail