STRATEGI PEMBELAJARAN MANURAWA SAMPOK DALAM BUKU IQRA’ HANACARAKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AKSARA JAWA KELAS IV DI MI MA’ARIF PEGUNDALAN KECAMATAN PEJAWARAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2022/2023

Detail Cantuman

Prodi PGMI

STRATEGI PEMBELAJARAN MANURAWA SAMPOK DALAM BUKU IQRA’ HANACARAKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AKSARA JAWA KELAS IV DI MI MA’ARIF PEGUNDALAN KECAMATAN PEJAWARAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2022/2023

XML

Skripsi ini bertujun untuk: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca aksara Jawa dengan Strategi manurawa sampok di kelas IV Mi Ma’arif Pegundalan Kecamatan Pejawaran Tahun Pelajaran 2022/2023; 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca aksara Jawa dengan Strategi manurawa sampok di kelas IV MI Ma’arif Pegundalan Kecamatan Pejawaran Tahun Pelajaran 2022/2023;
Skripsi ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi . Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunakan strategi manurawa sampok di pembelajaran aksara Jawa memiliki dampak yang positif dalam 1) Pembelajaran Bahasa jawa dimateri aksara Jawa menjadi lebih baik. Pada tes pratindakan siswa yang sudah mencapai ketuntasan baru 17%, selanjutnya pada tes pasca tindakan siklus I siswa yang sudah mencapai 33%, dan terakhir pada tes pasca tindakan siklus II menjadi 83%; 2) Peningkatan rata-rata nilai keterampilan membaca aksara Jawa siswa. Rata-rata keterampilan membaca aksara jawa siswa pada pra siklus adalah 51,33 dengan kriteria “KURANG”. Setelah peneliti melakukan tindakan pada siklus I dengan 2 kali pertemuan rata-rata keterampilan membaca aksara Jawa pada siklus I meningkat menjadi 53 dengan kriteria “KURANG”. Kemudian peneliti melakukan tindakan lanjut pada siklus II dengan 2 kali pertemuan pada siklus ini rata-rata keterampilan membaca siswa menjadi meningkat sebesar 71 dengan kriteria “BAIK”.
Kata Kunci : Strategi, Manurawa sampok, Mebaca Aksara Jawa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Alfin Ihsan - Personal Name
Student ID
2019030210
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Sri Jumini,M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Nurul Mubin, M.S.I - - Penguji 1
Maryono, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail