PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STORY TELLING LEGENDA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TLOGOMULYO TAHUN AJARAN 2023/2024

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STORY TELLING LEGENDA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TLOGOMULYO TAHUN AJARAN 2023/2024

XML

Skripsi ini memiliki tujuan ganda, yaitu: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menulis melalui metode story telling dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SD Negeri Tlogomulyo. 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa kelas III SD Negeri Tlogomulyo setelah menggunakan metode story telling.
Skripsi ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi . Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles & Huberman, yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode story telling dalam pembelajaran menulis cerita memberikan dampak positif, yaitu: 1) Peningkatan signifikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam menulis cerita, dengan tingkat ketuntasan siswa meningkat secara drastis dari tes pratindakan (4,83%) menjadi 82,61% pada tes pasca tindakan siklus II; 2) Ratarata nilai kemampuan menulis cerita legenda siswa meningkat, dari 48,70 pada pra siklus (kategori "KURANG") menjadi 78,48 pada siklus II (kategori "BAIK"). Peningkatan ini terjadi setelah peneliti melakukan tindakan dalam dua siklus pembelajaran.
Kata Kunci : Metode Story Telling Untuk Menulis Cerita


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Agustina Eka Anggraeni - Personal Name
Student ID
2019030051
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Sri Jumini, S. Pd., M. Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail