PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER

XML

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Takhassus Al-Qur‟an Kalibeber.Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, adapun anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dengan jumlah 395 siswa. Anggota sampel dalam penelitian ini adalah 64 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sebagai metode pokok, dokumentasi sebagai metode pendukung. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dari 64 siswa diketahui bahwa sebanyak 9 atau 14%siswa menjawab bahwa variasi gaya mengajar yang diberikan oleh guru dalam kategori kurang, dan sebanyak 9 atau 14% siswa menjawab kategori cukup, serta sebanyak 46 atau 72% siswa menjawab dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan pengaruh variasi gaya mengajar (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) diperoleh nilai konstanta 4.725 nilai tersebut menunjukkan Motivasi Belajar Siswa (Y)yang didapatkan apabila Variasi Gaya Mengajar (X) diabaikan. Koefisien regresi sebagai penguatan guru yaitu variable Variasi Gaya Mengajar (X) sebesar 0,700 artinya jika variable Variasi Gaya Mengajar (X) meningkat sebesar 10%, maka Motivasi Belajar Siswa (Y) akan meningkat sebesar 0,700% dengan ketentuan variabel bebas lain dianggap konstan. Setelah itu dilakukan uji hipotesis dengan hasil pengujian parsial (Uji t) antara variable Variasi Gaya Mengajar dengan variable Motivasi Belajar Siswa menunjukkan nilai t hitung sebesar 9,986 dengan signifikansi 0,000. Nilai t tabel sebesar 1,985. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi (0,004) < (0,05) dan nilai t hitung (9,986) > t tabel (1,985). Disimpulkan bahwa nilai sig. < (0,05) dan t hitung > t tabel sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh positif Variasi Gaya Mengajar terhadap Motivasi Belajar Siswa bisa diterima. Hal ini menunjukkan bahwa variasi nilai motivasi belajar siswa ditentukan oleh faktor variasi g a y a mengajar guru. Melalui penjabaran tersebut dapat diketahui bahwa ada pengaruh antara variasi mengajar terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Takhassus Al-Qur‟an Kalibeber.
Kata Kunci: Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar Peserta Didik.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Annisia Qotrunnada - Personal Name
Student ID
2019030006
Dosen Pembimbing
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Dosen Pembimbing 1
Ahmad Robihan, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail