IMPLEMENTASI QS AL-HASYR AYAT 9 TENTANG TOLERANSI PADA SISWA KELAS VI DI SD TAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi PGMI

IMPLEMENTASI QS AL-HASYR AYAT 9 TENTANG TOLERANSI PADA SISWA KELAS VI DI SD TAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO

XML

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang belum diketahuinya secara keseluruhan implementasi Qs al hasyr ayat 9 tentang toleransi kelas VI di SD Takhassus al-Qur‟an Wonosobo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Qs Al hasyr ayat 9 tentang toleransi kelas VI di SD Takahsus al-Qur‟an Kecamatan Kalibeber Kabupaten Wonosobo.. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari SD Takhassus alQur‟an Wonosobo,kepala sekolah, guru, Pembina asrama dan siswa SD Takhassus al-Qur‟an Wonosobo. , Untuk mendapatkan data yang diperlukan penulis menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan observasi partisipatif. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan implementasi Qs AL -hasyr ayat 9 tentang toleransi kelas VI di SD Takhassus al-Qur‟an Wonosobo dapat berjalan secara efektif karena langkah-langkah implementasi Qs Al hasyr ayat 9 yang sudah jelas meliputi bagian awal, bagian inti dan bagian penutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah, guru, dan Pembina asrama dalam menanamkan sikap toleransi melalui kebijakan sekolah yaitu melalui visi, misi, tujuan, dan juga peraturan sekolah, membiasakan siswa melalui kegiatan rutin dengan cara membiasakan siswa untuk bersalaman dengan guru dan sholat sunah tahajud dan duha berjama‟ah, dan menghafal al-Qur‟an serta melalui keteladanan dengan cara memberikan contoh sikap toleransi kepada para siswa, melalui pengkondisian di dalam maupun di luar kelas, melalui kegiatan spontan yang dilakukan pada saat guru menjumpai siswa yang bersikap tidak toleran terhadap orang lain, membantu siswa melihat persamaan, melatih siswa melihat perbedaan sejak dini, menghargai waktu dan mengintegrasikan dalam mata pelajaran. Dalam pengintegrasian ke dalam mata pelajaran, kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menyisipkan penanaman sikap toleransi kepada para siswa, (2) dalam penanaman sikap toleransi ditemui kendala yaitu guru masih kesulitan dalam menanamkan sikap toleransi kepada siswa yang nakal.
Kata kunci: sikap toleransi, sekolah dasar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Amin Maizun - Personal Name
Student ID
2018030075
Dosen Pembimbing
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Lilik Rochmad Nurcholisho, Lc., MA. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail