PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA DALAM PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIII DI MTS MA’ARIF KALIGOWONG WADASLINTANG WONOSOBO TAHUN AJARAN 2021/2022

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA DALAM PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIII DI MTS MA’ARIF KALIGOWONG WADASLINTANG WONOSOBO TAHUN AJARAN 2021/2022

XML

Pendidikan merupakan proses mendidik dan menuntun anak didik untuk mencapai tujuan tertentu dalam wujud perubahan-perubahan yang positif dalam diri anak. Pendidikan berawal dari keluarga yaitu orang tua. Orang tua adalah madrasah pertama bagi anak-anak. Tanpa orang tua anak tidak bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Perlu bimbingan dan pengawasan yang teratur karena kehidupan anak merupakan tanggung jawab orang tua. Adapun permasalahan dalam meningkatkan motivasi belajar anak yang diberikan orang tua terhadap anak karena kurangnya perhatian orang tua terhadap anak dikarenakan sibuk dengan pekerjaan yang mayoritas sebagai buruh tani dan fasilitas yang kurang maksimal. Sehingga muncul pertanyaan bagaimana peran orang tua terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas VIII di Mts Ma‟arif Kaligowong.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua terahadap prestasi belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas VIII di MtsMa‟arif Kaligowong Jenis penelitian ini adalah deskriptif lapangan, yang mengambil di Mts Ma‟arif Kaligowong kecamatan wadaslintang kabupaten Wonosobo. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket (kuesioner), observasi, metode dokumentasi, metode wawancara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan angket (kuesioner), observasi, metode dokumentasi, metode wawancara bahwa peran yang dilakukan orang tua terhadap prestasi belajar anak yaitu orang tua sebagai panutan, orang tua sebagai fasilitator anak, dan orang tua sebagai motivator anak, adapun bentuk motivator yang dapat diberikan oleh orang tua kepada anak adalah perhatian, hadiah, penghargaan pujian, dan hukuman. Berdasarkan analisis data yang disimpulkan dan dipahami bahwa peran orang tua terhadap prestasi belajar anak cukup baik. Hal ini bisa dilihat dariangket (kuesioner), observasi wawaancara dan dokumentasi bahwa peran orang tua sudah direalisasikan secara baik oleh orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama islam di MTs Ma‟arif Kaligowog tahun ajaran2021/2022.
Kata Kunci : Bimbingan orang tua, Prestasi belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Eva Riani - Personal Name
Student ID
2018010220
Dosen Pembimbing
Dr.Sri Haryanto, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail