UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMECAHKAN MASALAH KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI SISWA KELAS IV TAHUN AJARAN 2022/2023 DI SD NEGERI 1 MLANDI KECAMATAN GARUNG KABUPATEN WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMECAHKAN MASALAH KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI SISWA KELAS IV TAHUN AJARAN 2022/2023 DI SD NEGERI 1 MLANDI KECAMATAN GARUNG KABUPATEN WONOSOBO

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an di SD Negeri 1 Mlandi; 2) untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan siswa membaca al-Qur’an di SD Negeri 1 Mlandi; 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat siswa dalam belajar membaca al-Qur’an di SD Negeri 1 Mlandi. Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenis penelitian ini menggunakan field research dengan metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama islam, wali kelas empat, dan siswa kelas empat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data lapangan peneliti menggunakan observasi dan juga wawancara, kemudian dilanjutkan dengan analisis data. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan awal siswa SDNegeri 1 Mlandi dalam membaca al-Qur’an tentunya berbeda-beda, khususnyapada siswa kelas 4. Terutama dalam membaca huruf hijaiyah sambung, perbedaan kemampuan ini disebabkan karena beberapa siswa belum mencapai tahap alQur’an. Meskipun demikian, siswa tetap menunjukkan semangat dalam mengikuti tadarusal-Qur’an. 2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam untuk memecahka nmasalah kesulitan membaca al-Qur’an bagi siswa kelas IV di SD Negeri 1 Mlandi yaitu dengan cara musyawarah dan kerja sama antar guru, penyelenggaraan jam tambahan, penekanan pada materi BTQ, pendekatan dengan orang tua siswa, dan penyampaian motivasi. Selain upaya, adapun faktor pendukung untuk memecahkan masalah siswa dalam membaca al-Qur’an yakni semangat dan minat dari diri siswa, motivasi dan dukungan dari orang tua, serta sarana dan prasarana yang memadai. Tentunya ada juga faktor penghambatnya diantaranya, rasa malas, waktu yang terbatas saat kegiatan tadarus al-Qur’an, serta kurangnya dukungan dan motivasi dari orang tua.
Kata Kunci: Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Membaca Al-Qur’an.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ervi Niarsyi Hanawardani - Personal Name
Student ID
2019010021
Dosen Pembimbing
muchotob - - Dosen Pembimbing 1
Vava Imam Agus Faisal, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail