PERANAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN TENAGA PENDIDIK ASRAMA PADA SEKOLAH BERBASIS PESANTREN DI SD TAKHASSUS ALQUR’AN KALIBEBER WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PERANAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN TENAGA PENDIDIK ASRAMA PADA SEKOLAH BERBASIS PESANTREN DI SD TAKHASSUS ALQUR’AN KALIBEBER WONOSOBO

XML

Pondok pesantren SD Takhassus Al-Qur’an adalah suatu lembaga pendidikan Islam dengan menyeimbangkan antara kurikulum pendidikan agama Islam dan pengetahuan umum yang dalam proses kegiatan belajar mengajarnya menggunakan sistem pondok pesantren modern, dimana para santrinya harus tinggal dan mandiri di dalam asrama yang telah disediakan oleh pondok pesantren tersebut yang diikat dengan peraturan-peraturan agama dan di awasi serta di bimbing oleh para ustadz dan ustadzah. Sebagai sekolah berbasis pesantren (asrama), kepala sekolah dituntut untuk menyeimbangkan optimalisasi manajemen sekolah dan pesantren yang secara karakter memiliki perbedaan. Sejalan dengan perumusan masalah tersebut, yang menjadi tujuan penelitian adalah : 1) untuk mengetahui pentingnya karakter disiplin tenaga pendidik pada sekolah berbasis pesantren di SD Takhassus Al-Qur’an, 2) untuk mengetahui peranan kepala sekolah terhadap peningkatan karakter disiplin tenaga pendidik pada sekolah berbasis pesantren di SD Takhassus Al-Qur’an.Karena penelitian pendekatan yang diambil akan memberikan petunjukyang jelas bagi rencana penelitian yang akan dilakukan, untuk itu dalam penelitian ini digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif,deskriptif yaitu suatu rumusan masalah yang memandu penelitian untuk mengeksplorasi atau memotret situasi sosial yang akan diteliti secara menyeluruh,luas dan mendalam. Dengan metode kualitatif deskriptif ini, peneliti bisa berinteraksi secara langsung dengan subjek serta informan guna memperoleh data yang akurat, terpercaya, kentara dan lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kedisiplinan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa, serta siswa mengoptimalkan kedisiplinan sebagai implementasi pengamalan nilai-nilai Al-Qur'an an. Karakter disiplin yang dimiliki oleh para pendidik sangatlah penting, khususnya pendidik sebagai rolemodel dimana keteladanan mereka dalam disiplin sangat dibutuhkan, khususnya bagi anak usia sekolah dasar. 2) Di SD Al-Qur'an Takahssus, peran kepala sekolahadalah meningkatkan karakter disiplin tenaga pengajar di pondok pesantren dengan merekrut tenaga pendidik yang berkarakter disiplin, menjadi panutan bagi tenaga pendidik dan santri peserta didik, memahami gambaran tentang tanggung jawab mereka untuk memaksimalkan efektivitas mereka dalam melaksanakan tanggung jawab mereka sebagai kepala sekolah dan kepala asrama, memahami kebijakan yang ditetapkan oleh kepala sekolah sebelumnya untuk menjamin kelangsungan, dan memahami kekuatan dan kelemahan dari SD Takhassus.
Kata Kunci : Peran tenaga pendidik, peran kepala sekolah, karakter disiplin.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ega Firda Amalia - Personal Name
Student ID
2019010163
Dosen Pembimbing
Dr. Abdul Majid, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Fatiatun, M. sc. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Penguji 1
Ahmad Zuhdi, M.Ag. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail