POLA STIMULUS GURU DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MODERN AN-NIDA’ ISLAMIC BOARDING SCHOOL SELOMERTO WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

POLA STIMULUS GURU DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MODERN AN-NIDA’ ISLAMIC BOARDING SCHOOL SELOMERTO WONOSOBO

XML

Penelitian ini adalah hasil survei peneliti di Pondok Pesantren Modern An-Nida’ Islamic Boarding School Selomerto, Wonosobo yang menerapkan pembelajaran bahasa Arab dan penggunaan bahasa Arab dalam aktivitas sehari-hari. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bentuk stimulus guru yang diberikan oleh peserta didik dalam pola pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern An-Nida’ Islamic Boarding School Selomerto, Wonosobo.(2) Untuk mengetahui respon peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern An-Nida’ Islamic Boarding School Selomerto, Wonosobo.(3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern An-Nida’ Islamic Boarding School Selomerto, Wonosobo.
Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian lapangan. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenis penelitianya adalah field research. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Dalam meningkatkan stimulus guru dan respon siswa maka guru akan memberikan stimulus berupa: penggunaan variasi metode mengajar, materi, dan buku penunjang, pemberian nilai, pemberian hukuman, dan pemberian pujian, dan reward atau penghargaan kepada siswa, serta harus dibantu dengan beberapa kegiatan yang mendukung dalam proses perkembangan pembelajaran bahasa Arab, diantaranya: mewajibkan penggunaan bahasa Arab, program KMI, program pengembangan bahasa yaitu: ilqo’ mufrodat,, muhadloroh dan muhadatsah. 2) Respon siswa atau santri sudah baik untuk meningkatkan respon siswa juga harus dibantu dengan beberapa kegiatan yang mendukung dalam proses perkembangan belajar siswa, yakni adanya pemberian mufradat, yang disebut dengan ilqo’ mufradat, pengulangan mufradat, kegiatan muhadasah, program (Kulliyatul Mu’allimin AlIslamiyah). 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab. Faktor pendukung: menciptakan lingkungan bahasa, kerjasama, program KMI, program pengembangan bahasa. Sedangkan faktor penghambat: kurangnya kesadaran dari mereka, kurangnya semangat belajar bahasa Arab, kurangnya kesadaran dalam mengikuti kegiatan kebahasaan dan kurangnya kosa kata yang dimiliki.
Kata Kunci: Pola Stimulus, Respon, Pembelajaran bahasa Arab


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Zulfi Laili Rahmadani - Personal Name
Student ID
2019040037
Dosen Pembimbing
Dr. Asep Sunarko, M.Pd. I. - - Dosen Pembimbing 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail