EFEKTIVITAS METODE DRILL DENGAN MEDIA PERMAINAN SCRABBLE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSAKATA TERHADAP SISWA KELAS VII MTs AL-MUHARIYYAH DEMAK

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

EFEKTIVITAS METODE DRILL DENGAN MEDIA PERMAINAN SCRABBLE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSAKATA TERHADAP SISWA KELAS VII MTs AL-MUHARIYYAH DEMAK

XML

Saat ini banyak pelajar yang mengeluhkan pembelajaran bahasa Arab karena mereka menganggap sangat sulit dan sulit dipahami, bahkan mereka tidak berminat untuk mempelajari bahasa Arab. Oleh karena itu, sebagai seorang guru harus mempunyai konsep atau strategi agar siswa mudah memahami seluruh materi bahasa Arab yang akan disampaikan. Salah satu strategi yang akan saya gunakan adalah dengan menggunakan metode pengeboran dengan media permainan Scrabble. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui penggunaan metode drill dengan media permainan scrabble di kelas VII MTs AlMuhariyyah Demak, ada peningkatan atau tidak setelah menggunakann metode drill dengan media permainan scrabble pembelajaran bahasa arab di kelas VII MTs Al-Muhariyyah Demak, apakah ada perbedaan penguasaan kosakata bahasa arab antara kelas yang menggunakan metode tersebut dan yang tidak menggunakan metode drill deangan mediaa permainana scrabble.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dan eksperimen yang bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengahafal Kosakata Terhadap Siswa Kelas VII Mts AL-Muhariyyah Demak dengan metode drill dengan media permainan scrabble. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa yang berjumlah 30 siswa. Sampel yang diambil adalah siswa kelas VII A dan kelas VII B, kelas eksperimen 30 siswa dan kelas kontrol 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : dalam pembelajaran mufrodhat di MTs Al-Muhariyyah menggunakan metode drill dengan media permainan scrabble yaitu, peserta didik secara berkelompok menyusun kata-kata yang telah disediakan oleh pendidik dengan baik dan benar terdapat peningkatan penguasaan kosakata pada peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,561 yang termasuk kedalam kategori sedang dan peningkatan sebesar 0,323 untuk kelas kontrol dengan kategori rendah. Ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan thitung 2,65 > ttabel 1,695 untuk taraf signifikasi 5% dan thitung 2,65 > ttabel 2,659 untuk taraf signifikasi 1%. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci : Metode Drill, Permainan Scrabble, Kosa kata, Bahasa Arab


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Wafiq Farahatul Aula - Personal Name
Student ID
2019040045
Dosen Pembimbing
Dr. Asep Sunarko, M.Pd. I. - - Dosen Pembimbing 1
Nur Farida, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Ahmad Khoiri,M.Pd - - Penguji 1
Dr. Moh. Sakir, M Ag - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail