PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN NAHWU PADA PESERTA DIDIK KELAS X MA TAKHASUS AL-QUR’AN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN NAHWU PADA PESERTA DIDIK KELAS X MA TAKHASUS AL-QUR’AN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan metode make a match untuk meningkatkan penguasaan nahwu pada peserta didik kelas X MA Takhassus AlQur’an Wonosobo; 2) mengetahui peningkatan penguasaan nahwu pada peserta didik setelah diterapkan metode make a match; 3) mengetahui perbedaan penguasaan nahwu antara kelas yang diterapkan metode make a match dengan kelas yang diterapkan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif lapangan dengan jenis eksperimen. Dimana, penulis mengambil sejumlah 52 siswa sebagai sampel yang terdiri dari 26 siswa di kelas eksperimen dan 26 lainnya di kelas kontrol. Sebelum pembelajaran dimulai, terlebih dahulu dilakukan pretest di kedua kelas. Setelah itu, dilaksanakan pembelajaran nahwu, dimana pada kelas eksperimen diterapkan metode make a match, sedangkan pada kelas kontrol dilaksanakan pembelajaran nahwu dengan metode konvensional. Setelah pembelajaran, dilakukan postest pada kedua kelas. Selanjutnya, data pretest dan postest tersebut diolah untuk dicari tahu adakah peningkatan setelah menerapkan metode make a match tersebut diterapkan (menggunakan uji N-Gain) dan adakah perbedaan hasil penilaian antara kelas eksperimen yang menerapkan metode make a match dan kelas kontrol yang hanya menerapkan metode konvensional (menggunakan uji ttest). Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) dalam pembelajaran nahwu di MA Takhasus Al Qur’an Wonosobo menggunakan metode pembelajaran make a match terdapat langkah-langkah yaitu, peserta didik secara berkelompok menjodohkan kartu-kartu yang berhubungan dengan materi nahwu (misal, kartu jenis dzorof dijodohkan dengan arti, ciri-ciri, dan contohnya); 2) terdapat peningkatan penguasaan nahwu pada peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,50 yang termasuk kedalam kategori sedang dan peningkatan sebesar 0,27 untuk kelas control dengan kategori rendah; 3) ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan t 5,71 > t 1,671 untuk taraf signifikasi 5% dan t hitung tabel hitung 5,71 > t 2,401 untuk taraf signifikasi 1%. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. tabel
Kata Kunci: Metode pembelajaran make a match, pembelajaran nahwu


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Syalma Arafah - Personal Name
Student ID
2019040011
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Pamungkas Setya Mulyani, S.Pd., M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail