IMPLEMENTASI MEDIA POP UP BOOK UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS V SD TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

IMPLEMENTASI MEDIA POP UP BOOK UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS V SD TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO

XML

Penelitian ini bertujuan pertama, untuk merapkan media Pop Up Book untuk peningkatan keterampilan berbicara bahasa arab. Kedua, mengetahui perbedaan keterampilan berbicara bahasa arab antara yang menggunakan media Pop Up Book dan yang tidak menggunakan media Pop Up Book. Ketiga, untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara bahasa arab menggunakan media Pop Up Book. Jenis penelitian skripsi ini menggunakan penelitian lapangan kuantitatif eksperime dengan desain penelitian quasi experiment design dengan teknik nonequivalent control grup design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Takhassus Al-Qur‟an Kalibeber Wonosobo. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Takhassus Al-Qur‟an yang berjumlah 50 orang yang terbagi menjadi dua kelompok, kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Kemudian kelompok kelas eksperimen dan kontrol dikenakan tes kemampuan awal (pretest) dan di akhir dikenakan tes akhir berupa soal tes lisan (posstest). Kemudian hasilnya diolah, dianalisis, dan dibandingkan menggunakan uji t-test dan uji N-Gain skor untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan keterampilan berbicara bahasa arab (mahārah kalām) antara kedua kelompok yang diteliti. Penerapan media Pop Up Book diterapkan pada mata pelajaran bahasa arab dengan tema kantin ( ْق ْنا ي ِف َص َم ِف). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, nilai rata-rata pretest sebesar 52,84 pada kelas eksperimen dengan kategori kurang, dan 49,60 pada kelas kontrol dengan kategori kurang. Sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen menjadi 75,40 dengan kategori baik dan pada kelas kontrol adalah 58,40. Kedua, Ada perbedaan keterampilan berbicara bahasa arab antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, hal tersebut dibuktikan dengan uji hipotesis diperoleh tthitung = 4,645 dan ttabel = 2,010 dengan taraf 5% karena tthitung 4,645 > ttabel 2,010. Ketiga, Adanya peningkatan keterampilan berbicara bahasa arab yang dibuktikan dengan hasil uji gain kelas eksperimen adalah 0,478 kategori sedang sedangkan pada kelas kontrol diperoleh 0,171 Kategori rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media pop up book dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab pada tema kantin ( ْق ْنا ي ِف َص َم ِف).
Kata kunci : Media Pembelajaran, Pop Up Book, Keterampilan Berbicara


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Rosma Azkiya Masithoh - Personal Name
Student ID
2019040044
Dosen Pembimbing
Chairani Astina, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Saefullah, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. Noor Aziz, M.pd. - - Penguji 1
Nasokha, M.Ag., Alh - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail