lMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN SOSIAL RELIGIUS REMAJA KARANG TARUNA DESA SALAMSARI, KEDU, TEMANGGUNG

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

lMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN SOSIAL RELIGIUS REMAJA KARANG TARUNA DESA SALAMSARI, KEDU, TEMANGGUNG

XML

Skripsi ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui nilai-nilai pendidikansosial religious remaja karang taruna Desa Salamsari, Kedu, Temanggung. (2)untuk mengetahui bagaimana hasil dari pelaksanaan kegiatan nilai-nilaipendidikan sosial religious remaja karang taruna Desa Salamsari, Kedu,Temanggung. (3) untuk mengetahui apa sajakah faktor pendukung danpenghambat dalam implementasi nilai-nilai pendidikan sosial religious remajakarang taruna Desa Salamsari, Kedu, Temanggung.
Skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field researchdengan pendekatan kualitatif. Dengan subjek penelitian yaitu pengurus karangtaruna, anggota remaja, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Untuk mendapatkandata yang diperlukan, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dandokumentasi. Analisis data reduksi data, penyajian, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja karang taruna Desa Salamsarimelakukan berbagai kegiatan dalam usaha membantuk nilai-nilai Pendidikansosial religious yaitu dengan mengikuti berbagai kegiatan-kegiatan karang tarunaDesa Salamsari Maupun Kegiatan Diluar karang taruna, yang mana para remajaakan dibekali dengan ilmu dan wawasan tentang pengetahuan, bukan hanya dalamhal organisasi saja tapi juga ilmu tentang bersosialisasi dengan baik yang dapatdiaplikasikan secara langsung. Hasil dari keikutsertaan kegiatan remaja karangtaruna dalam implementasi nilai-nilai Pendidikan sosial religious dikategorikanbaik, bisa dilihat dari kesadaran para remaja untuk belajar ilmu hidup bersosialdan beragama, tingkah laku menjadi lebih baik. Faktor pendukung dalamimplementasi nilai-nilai Pendidikan sosial religious yaitu kesamaan usia,banyaknya kegiatan yang bisa di ikuti, dekatnya tempat dari sat uke tempat yanglain, serta kedekatan antara sesama para remaja karang taruna serta faktorpenghambatnya yaitu individu sendiri yaitu individu yang memiliki kesibukanmasing-masing dan terdapat konflik internal di dalam remaja.
Kata Kunci: Remaja Karang Taruna, Nilai-Nilai Pendidikan sosial religius.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dita Indah Sari - Personal Name
Student ID
2019010285
Dosen Pembimbing
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Salis Irvan Fuadi, M.Pd.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail