PERAN PEMBINA SANTRI DALAM AKHLAKUL KARIMAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN PPTQ AL-ASY’ARIYYAH PUSAT BLOK G3 PUTRI KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PERAN PEMBINA SANTRI DALAM AKHLAKUL KARIMAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN PPTQ AL-ASY’ARIYYAH PUSAT BLOK G3 PUTRI KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO

XML

Peran pembina santri dapat menumbuhkan akhlak yang baik bagi parasantri. Dengan cara mencontohkan perilaku yang baik, membimbing,mengarahkan, mendidik, serta menasehati ketika berbuat perilaku yangmenyimpang. Dalam hal ini, skripsi bertujuan 1). Untuk mengetahui bagaimanaperan pembina santri dalam akhlakul karimah santri di PPTQ AL-Asy‟ariyyahPusat Kalibeber, 2). Bagaimana nilai-nilai akhlakul karimah pada santri di pondokpesantren PPTQ Al-Asy‟ariyyah pusat kalibeber.
Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenispenelitiannya bersifat lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metodeobservasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemudian sumberdata diperoleh dari penelitian lapangan, penelitian kualitatif dan studi kasus.Adapun Teknik analisis yang digunakan adalah Teknik analisis data yaitu analisisterhadap data yang berhasil dikumpulkan oleh penelitian melalui perangkatmetodologi. Dimana data diperoleh menggunakan proses analisis data sebagaiberikut: 1)Reduksi data 2)Penyajian data dan 3)Kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1). Untuk mengetahui bagaimanaperan pembina santri dalam akhlakul karimah santri di PPTQ AL-Asy‟ariyyahPusat Kalibeber karena pada hal ini, pembina memberikan metode yangdigunakan untuk mengajarkan para santri diantaranya: metode uswah, metodepengawasan, metode pembiasaan, metode pengawasan. 2). Dalam hal ini, nilainilaiyang terkandung pada akhlakul karimah yaitu suatu pola pikir dalammencapai sesuatu yang diinginkan yang dalam menyelesaikan masalah sesuaiyang dialami dalam bertingkah laku, bertindak dan merupakan budi pekerti yangterpuji serta wujud ibadah kepada Allah SWT.
Kata Kunci: peran pembina, santri, akhlakul karimah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dina Rosyana - Personal Name
Student ID
2019010091
Dosen Pembimbing
Mukromin,alh.,M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Faisal Kamal, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail