PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIQIH MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIQIH MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 WONOSOBO

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaranmodel problem solving untuk peningkatan kreativitas dan pemahaman siswa dalammata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Wonosobo. 2) Untuk mengetahuipenerapan dari Pembelajaran Model problem solving untuk peningkatan kreativitasdan pemahaman siswa dalam mata pelajaran fiqih Madrasah Aliyah Negeri 1Wonosobo. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaranmodel problem solving untuk peningkatan kreativitas dan pemahaman siswa dalammata pelajaran fiqih Madrasah Aliyah Negeri 1 Wonosobo.
Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana teknikpengumpulan datanya diperoleh dari hasil pengamatan hasil wawancara, hustlpemotretan, analisis data, dokumentasi, catatan lapangan, yang disusun peneliti dilokasi penelitian. Adapun subjek penelitian dalam skripsi ini di tujukan pada siswaMAN 1 Wonosobo dengan menggunakan teknik purposive sampling (pengambilansempel sumber data dengan pertimbangan tertentu) dan snowball sampling(pengambilan sempel sumber data yang awalnya jumlahnya sedikit, lama-lamamenjadi besar) dan juga diselingi menggunakan angket untuk menimalisirpertanyaan kepada guru dan siswa MAN 1 Wonosobo. Adapun juga skripsi inimenggunakan teknis analisis yang menggunakan metode kualitatif deskriptif, databerupa informasi, uraian dalam bentuk bahasa prosa, kemudian dikaitkan dengandata lainnya untuk mendapatkan kejelasan terhadap suatu kebenaran atausebaliknya sehingga memperoleh gambaran baru ataupun menguatkan gambaranyang sudah ada dan sebaliknya. Jadi bentuk analisis ini bukan berupa angka-angkastatistic atau bentuk angka lainnya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)pelaksanaan pembelajaran modelProblem Solving untuk peningkatan kreativitas dan pemahaman siswa padapelajaran Fiqih, sudah diterapkan sejak dulu. Dengan cara guru berkelilingmenanyakan kepada siswa materi yang belum paham atau menjelaskan materididepan. Guru sebisa mungkin kreatif dalam mengajar agar siswa tidak merasabosan dan monoton. 2) Penerapan pembelajaran model Problem Solving untukpeningkatan reativitas dan pemahaman siswa dalam mata pelajaran Fiqih, menggunakan lima yaitu identifikasi masalah, penyajian permasalahan, pemecahanmasalah, tahap menerapkan/mengimplementasi perencanaan dan tahap menilaiperencanaan. 3) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran model ProblemSolving untuk peningkatan kreativitas dan pemahaman siswa dalam mata pelajaranFiqih anntara lain: faktor pendukung dari dalam (internal) yaitu minat, motivasi danKesehatan. Faktor pendukung dari luar (eksternal) yaitu waktu dan guru.
Kata kunci: Siswa, Pembelajaran, dan Problem Solving.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dina Marliyana Fadillah - Personal Name
Student ID
2019010016
Dosen Pembimbing
Dr. Moh. Sakir, M. Ag - - Dosen Pembimbing 1
M. Yusuf Amin NUgroho SH.I, M.Pd.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. K.H. Muchotob Hamzah, M.M - - Penguji 1
Maryono, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail