IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN QAWA’ID KELAS VII MTS MA’ARIF KERTEK TAHUN AJARAN 2022/2023

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN QAWA’ID KELAS VII MTS MA’ARIF KERTEK TAHUN AJARAN 2022/2023

XML

Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan penguasaan qawa’id siswa kelas VII MTs Ma‟arif Kertek Tahun Ajaran 2022/2023, (2) Efektivitas model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan penguasaan qawa’id siswa kelas VII MTs Ma‟arif Kertek Tahun Ajaran 2022/2023 (3) Perbedaan penguasaan qawa’id antara sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning dan sesudah mengggunakan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang di laksanakan di MTs Ma‟arif Kertek dengan jenis penelitian eksperimen. Sedangkan desain penelitiannya adalah eksperimen one group pretest postest, yaitu dimana dalam penelitian ini hanya menggunakan satu grup atau kelas. Pada penelitian ini terdapat dua valiabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Adapun variabel bebasnya model pemelajaran discovery learning dan varabel terikatnya yaitu peningkatan penguasaan qawa’id siswa kelas VII MTs Ma‟arif Kertek dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, di antaranya: wawancara, observasi, dokumrntasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi model pembelajaran discovery learning terbukti efektif dapat meningkatkan penguasaan qawa’id siswa. (2) Adanya peningkatan penguasaan qawa’id siswa kelas VII MTs Ma‟arif Kertek setelah menggunakan model pembeajaran discovery learning. (3) Adanya perbedaan penguasaan qawa’id siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan hasil perhitungan analisis data yang penulis peroleh yaitu thitung = 4,936 dan ttabel = 2,042 untuk a = 5% dan 2,750 untuk a = 1% dengan dk= n-1= (32-1) = 31 karena thitung ˃ ttabel maka H2 diterima. Kesimpulannya yaitu adanya penigkatan penguasaan qawa’id setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning.
Kata Kunci: Implementasi, Model Pembelajaran Discovery Learning, Qawa’id


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nurhayati - Personal Name
Student ID
2019040010
Dosen Pembimbing
Dr. Asep Sunarko, M.Pd. I. - - Dosen Pembimbing 1
Pamungkas Setiya Mulyani, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fatkhurrohman, M.Pd - - Penguji 1
Drs. H. Ali Imron.,M.Ag - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail