KONSEP NILAI-NILAI ETIKA MURID DALAM KITAB MINHAJUL MUTA’ALIM KARYA IMAM AL GHAZALI

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

KONSEP NILAI-NILAI ETIKA MURID DALAM KITAB MINHAJUL MUTA’ALIM KARYA IMAM AL GHAZALI

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui isi kandungan kitabMinhajul Muta’alim karya imam al ghazali, 2) mengetahui nilai-nilai pendidikanislam yang terkandung dalam kitab Minhajul Muta’alim karya imam al ghazali, 3)mengetahui implementasi nilai- nilai pendidikan islam menurut imam al ghazalipada pembelajaran online. Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkanbeberapa masalah-masalah tentang nilai-nilai pendidikan islam, yang mana pelajarharus memiliki nilai-nilai pendidikan islam yang baik namun masih banyakpelajar yang tidak memenuhi haknya sebagai pelajar, sehingga perludilakukannya suatu proses penerapan nilai-nilai pendidikan berupa nilai akhlaktersebut dengan berbagai cara atau metode yang telah diajarkan oleh tokoh-tokohatau ulama‟ terdahulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitiankualitatif dimana jenis penelitianya bersifat library research. Dalam pengumpulandata menggunakan metode dokumentasi dan penelusuran data online. Kemudian,sumber data diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder (kitab MinhajulMuta’alim, referensi yang berkaitan dengan nilai-nilai etika guru, penelitianterdahulu, artikel-artikel dan situs internet). Adapun teknik analisis yangdigunakan adalah teknis analisis isi. Dimana analisis isi adalah mengamati isiinformasi dalam tulisan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) isi kandungan kitab MinhajulMutaalim tentang 3 pondasi utama dalam tafaquh fiddiin yaitu : ilmu, pengajar ,dan pelajar. 2) Nilai – nilai pendidikan islam terdiri dari 4 macam. Antara lain :fiqh, akhlak ( adab) , akidah , dan tauhid. Namun nilai pendidikan islam yangterkandung dalam kitab Minhajul Mutaalim adalah nilai akhlak atau adab. Akhlakmenurut Imam al-Ghazali adalah suatu sifat baik yang biasanya akan memilikiakhlak yang baik juga dan sebaliknya jika seseorang yang memiliki sifat tidakbaik cenderung memiliki akhlak yang tercela 3) Implementasi nilai-nilaipendidikan islam dalam pembelajaran online berjalan kurang optimal karenapembelajaran online terkadang hanya terbatas penyampaian materi yang saja,namun dari pembelajaran online juga dapat memudahkan dalam belajar bagi yangjarak jauh, serta materi pembelajaran lebih luas.
Kata kunci: Nilai Pendidikan Islam, Pembelajaran Online, MinhajulMuta’alim


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Diana Sofia Hidayati - Personal Name
Student ID
2019010222
Dosen Pembimbing
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Dosen Pembimbing 1
Luluk Alawiyah,M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail