IMPLEMENTASI METODE KWL (KNOW – WANT TO KNOW – LEARNED) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MAHᾹRAH QIRᾹ’AH SISWA KELAS XI SMA TAKHASUS AS SAHRO TAHUN AJARAN 2022/2023

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

IMPLEMENTASI METODE KWL (KNOW – WANT TO KNOW – LEARNED) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MAHᾹRAH QIRᾹ’AH SISWA KELAS XI SMA TAKHASUS AS SAHRO TAHUN AJARAN 2022/2023

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menerapkan metode KWL untuk meningkatkan penguasaan mahārah qirā’ah siswa kelas XI SMA Takhassus As Sahro; 2) Mengetahui peningkatan penguasaan mahārah qirā’ah siswa setelah diterapkan metode KWL; 3) Mengetahui perbedaan penguasaan mahārah qirā’ah antara kelas yang menggunakan metode KWL dengan kelas yang tidak menggunakan metode KWL. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif lapangan dengan jenis eksperimen. Dimana, penulis mengambil sejumlah 44 siswa sebagai sampel yang terdiri dari 22 siswa di kelas eksperimen dan 22 lainnya di kelas kontrol. Sebelum pembelajaran dimulai, terlebih dahulu dilakukan pretest di kedua kelas. Setelah itu, dilaksanakan pembelajaran bahasa arab terkhusus mahārah qirā’ah, dimana pada kelas eksperimen menggunakan metode KWL, sedangkan pada kelas kontrol tidak menggunakan metode KWL. Setelah pembelajaran, dilakukan postest pada kedua kelas. Selanjutnya, data pretest dan postest tersebut diolah untuk dicari tahu adakah peningkatan setelah diterapkannya metode KWL tersebut (menggunakan uji N-Gain) dan adakah perbedaan hasil penilaian antara kelas eksperimen yang menggunakan metode KWL dan kelas kontrol yang tidak menggunakan metode KWL (menggunakan uji t-test). Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Dalam pembelajaran bahasa arab terkhusus penguasaan mahārah qirā’ah siswa kelas XI SMA Takhasus As Sahro menggunakan metode KWL terdapat langkah-langkah yaitu, guru menjelaskan tujuan pembelajaran, guru mengkondisikan siswa, guru memberikan pengertian tentang sistematika pembelajaran, guru memilih materi pembelajaran, guru membacakan teks, siswa mendengarkan dan menirukan bacaan teks yang dibacakan guru, guru mengecek peningkatan mahārah qirā’ah siswa dengan cara menyuruh siswa membaca satu persatu dan menerjemahkan teks; 2) Terdapat peningkatan penguasaan mahārah qirā’ah pada siswa kelas eksperimen sebesar 0,55 yang termasuk kedalam kategori sedang dan peningkatan sebesar 0,35 untuk kelas control dengan kategori sedang; 3) Ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan t 13,60 > t hitung tabel 1,68 untuk taraf signifikasi 5% dan t 13,60 > t hitung tabel 2,41 untuk taraf signifikasi 1%. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Metode KWL, Mahārah Qirā‟ah.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nuning Setyowati - Personal Name
Student ID
Nuning Setyowati
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Fatiatun, M. sc. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail