PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MIA MA TAKHASUS AL- QUR’AN WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MIA MA TAKHASUS AL- QUR’AN WONOSOBO

XML

Pembelajaran memahami teks bahasa Arab di MA Takhasus Al-Qur’an Wonosobo menggunakan model pembelajaran konvensional. Akan tetapi, ketika proses pembelajaran berlangsung banyak ditemukan siswa yang pasif, kurang berpartisipasi dan banyaknya siswa yang menganggap bahwa pembelajaran bahasa Arab itu sulit. Oleh karena, itu perlu diterapkannya model pembelajaran yang bervariasi dan menyenagkan. Harapannya dengan penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat menjadi solusinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan kuantitatif eksperimen yang menggunakan desain one group pretest-postest. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA MA Takhasus Al-Qur’an Wonosobo yang berjumlah 34 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen dan kontrol, Kemudian kelompok eksperimen dan kontrol dikenakan tes kemampuan awal (pretest) dan di akhir dikenakan tes akhir berupa soal tes lisan (posstest). Kemudian hasilnya diolah, dianalisis, dan dibandingkan menggunakan uji t-test dan uji N-Gain skor untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan kemampuan memahami teks bahasa Arab antara kedua kelompok yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat peningkatan memahami teks bahasa Arab peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,765 yang termasuk kedalam kategori tinggi; 2) ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan thitung 8,040 > ttabel 2,036 dengan taraf signifikansi sebesar 5% dengan dk 32 yaitu 2,03 dan 2,738 untuk taraf signifikansi 1 %.. Sehingga H0ditolak dan Haditerima.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Two Stay Two Stray (TSTS), Bahasa Arab


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Naimatul Khoeriyah Rifqi - Personal Name
Student ID
2019040069
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Rifqi Aulia Rahman, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Asep Sunarko, M.Pd.I - - Penguji 1
fir - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail