PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KARTU DOMINO BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN QAWA’ID PADA SISWA KELAS VII MTSN 2 WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KARTU DOMINO BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN QAWA’ID PADA SISWA KELAS VII MTSN 2 WONOSOBO

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran Bahasa Arab kartu domino berbasis multimedia interaktif, untuk meningkatkan penguasaan qawa’id pada siswa kelas VII MTsN 2 Wonosobo setelah menggunakan kartu domino berbasis multimedia interaktif, dan untuk mengetahui perbedaan penguasaan qawa’id pada siswa kelas VII MTsN 2 Wonosobo antara kelas yang menggunakan media kartu domino berbasis multimedia interaktif dan kelas yang tidak menggunakan media kartu domino berbasis multimedia interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen dan nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah semua kelas VII MTsN 2 Wonosobo yang berjumlah 281 siswa. Sampel yang diambil adalah 2 kelas, yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode wawancara, dan metode tes. Dari hasil analisis akhir menggunakan uji gain dan uji-t. Dari uji-gain untuk kelas eksperimen diperoleh nilai 0,637 dengan kriteria sedang. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai 0,111 dengan kriteria rendah. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang lebih baik pada kelas eksperimen dengan menggunakan Media Pembelajaran Bahasa Arab Kartu Domino Berbasis Multimedia Interaktif. Dan hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan 1% yaitu thitung =3,699 dan ttabel = 2,385 dan dengan taraf signifikan 5% yaitu thitung =3,699 dan ttabel = 1,669, didapatkan hasil bahwa thitung > ttabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan penguasaan Bahasa Arab siswa kelas VII MTsN 2 Wonosobo yang menggunakan Media Pembelajaran Bahasa Arab Kartu Domino Berbasis Multimedia Interaktif dengan kelas yang menggunakan metode konvensional.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Bahasa Arab, Kartu Domino, Multimedia Interaktif, Qawa’id.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Murni Musyarofah - Personal Name
Student ID
2019040015
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Pamungkas Setiya Mulyani, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail