PENERAPAN MEDIA STRIP STORY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII MTs NURUL HIDAYAH BOGOR

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

PENERAPAN MEDIA STRIP STORY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII MTs NURUL HIDAYAH BOGOR

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penerapan media Strip Story dalam meningkatkan kemampuan menyusun kalimat bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Nurul Hidayah Bogor; 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyusun kalimat bahasa Arab menggunakan media Strip Story siswa kelas VIII MTs Nurul Hidayah Bogor; 3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan menyusun kalimat bahasa Arab yang menggunakan media strip story dan yang tidak menggunakan media pada siswa kelas VIII MTs Nurul Hidayah Bogor.
Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain quasi experimental desing. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Hidayah Bogor yang berjumlah 52 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan media Strip Story, sedangkan pembelajaran kelas kontrol tanpa menggunakan media. Setelah pembelajaran selesai dilakukanlah tes akhir berupa soal tertulis. Kemudian hasil tesnya dianalisis dan dibandingkan menggunakan uji gain dan uji t untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan kemampuan menyusun kalimat bahasa Arab diantara dua kelas tersebut. Selanjutnya, sumber data diperoleh menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes.
Hasil penelitian menggunakan uji t dan uji gain menunjukkan bahwa, hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 6,27, kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel dengan dk = 26+26-2 = 50 dan taraf kesalahan 1% maka ttabel = 2,403. Dari hasil tersebut diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (6,27>2,403) serta taraf kesalahan 5% maka ttabel = 1,676 dari hasil tersebut diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (6,27>1,676), dan hasil uji gain kelas eksperimen sebesar 0,41 dan kelas kontrol sebesar 0,24. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyusun kalimat bahasa Arab siswa menggunakan media Strip Story lebih baik dibandingkan siswa yang tidak menggunakan media serta terdapat peningkatan kemampuan menyusun kalimat Bahasa Arab siswa yang menggunakan media Strip Story.
Kata kunci : Media Strip Story, Kalimat, Bahasa Arab


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Muhammad Panji Kurniawan - Personal Name
Student ID
2018040035
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Rifqi Aulia Rahman, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Asep Sunarko, M.Pd.I - - Penguji 1
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail