PENERAPAN GAME UNO STACKO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP TAKHASSUS AL-QUR’AN 02 DERODUWUR TAHUN AJARAN 2023/2024

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

PENERAPAN GAME UNO STACKO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP TAKHASSUS AL-QUR’AN 02 DERODUWUR TAHUN AJARAN 2023/2024

XML

Pembelajaran di SMP Takhassus Al-Qur’an 02 Deroduwur masih menggunakan model pembelajaran konvensial. Akan tetapi, ketika proses pembelajaran berlangsung banyak ditemukan siswa yang pasif, kurang berpartisipasi dan banyaknya siswa yang menganggap bahwa pembelajaran bahasa Arab itu sulit. Oleh karena itu, perlu ditearapkannya model pembelajran yang bervariasi dan menyenangkan. Harapannya dengan penggunaan model game uno stacko dapat menjadin solusinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penggunaan game uno stacko dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Takhasssus Al-Qur’an 02 Deroduwur, (2) Peningkatan kosa kata bahasa Arab pada siswa kelas VIII SMP Takhasssus Al-Qur’an 02 Deroduwur, (3) Perbedaan penguasaan kosa kata bahasa Arab antara sebelum dan sesudah menggunakan game uno stacko.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental yang menggunakan desain none equivalent control grup, yaitu penelitian yang dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah siswa VIII A berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Kemudian kelompok eksperimen dan kontrol dikenakan pretest dan di akhir dikenakan posttest. Kemudian hasilnya diolah, dianalisis, dan dibandingkan menggunakan uji t-test dan uji N-Gain untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan penguasaan kosa kata antara kedua kelompok tersebut.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat peningkatan penguasaan kosa kata siswa kelas eksperimen sebesar 0,659 (sedang) dan kelas kontrol sebesar 0,298 (rendah), 2) Ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan t hitung 3,867 > t tabel 2,67 α = 1%, sehingga Ho ditolak Ha diterima.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Game Uno Stacko, Kosa Kata, Bahasa Arab.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MUHAMAD BARRA SIRAJULKAF - Personal Name
Student ID
2019040006
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dr. Moh. Sakir, M.Ag - - Penguji 1
Chairani Astina, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail