Prodi Pendidikan Agama Islam
PENERAPAN METODE DEBAT AKTIF DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMK DARUNNAJAH BANJARMANGU BANJARNEGARA
XMLSkripsi ini bertujuan: 1) untuk mengetahui penerapan metode debat aktifdalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam; 2) untuk mengetahui faktorpenghambat dan faktor pendukung pelaksanaan metode debat aktif.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan. Subjekdalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI AKL. Dalam teknikpengumpulan data menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara, dandokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulandata, reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing/verification.Hasil penelitian ini mengungkapkan dua hasil temuan yaitu meliputi: 1) DiSMK Darunnajah telah menerapkan semua langkah-langkah metode debat aktif.Kelebihan metode debat aktif adalah memicu siswa menjadi aktif dalammengikuti pembelajaran. Kekurangan metode debat aktif adalah metode ini tidakbisa diterapkan disemua topik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.Manfaat metode debat aktif adalah siswa berani mengemukakan pendapatnyadengan baik dan benar. 2) Faktor penghambat meliputi minimnya literasi siswadan adanya siswa yang pasif, sedangkan faktor pendukungnya yaitu antusias siswaterhadap penggunaan metode yang baru dan sarana prasarana yang mendukung.
Kata kunci: Metode Debat Aktif, Pendidikan Agama Islam.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Danang Nur Fauzan - Personal Name
|
Student ID |
2019010469
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |