KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAKHASSUS AL-QUR’AN MOJOTENGAH WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAKHASSUS AL-QUR’AN MOJOTENGAH WONOSOBO

XML

Tujuan penelitian untuk: 1) Mengetahui konsep kreativitas guru dalamproses pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Takhassus Al-Qur’anWonosobo; 2) Mengetahui bentuk kreativitas guru dalam proses pembelajaranpendidikan agama islam di SMK Takhassus Al-Qur’an Wonosobo; 3) Mengetahuifaktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam proses pembelajaranpendidikan agama islam di SMK Takhassus Al-Qur’an Wonosobo.Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dimana jenis penelitiannyabersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara dan dokumentasi. Kemudian sumber data diperoleh dari sumber dataprimer dan sumber data sekunder (guru PAI dan siswa SMK Takhassus Al-Qur’anWonosobo, literatur, artikel, jurnal dan situs internet yang relevan). Teknikanalisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles & Huberman, yangmeliputi reduksi data, penyajian data, serta simpulan dan verifikasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Konsep kreativitas guru dalamproses pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Takhassus Al-Qur’anWonosobo yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. 2)Bentuk kreativitas guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam padasiswa di SMK Takhassus Al-Qur’an Wonosobo yaitu kreativitas dalammenggunakan metode pembelajaran, kreativitas dalam menggunakan mediapembelajaran dan kreativitas dalam menggunakan sumber belajar. 3) Adapunfaktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh guru PAI dalam kreativitasguru dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Takhassus AlQur’anWonosobo yakni faktor pendukung adanya sarana prasarana yangmemadai, faktor lingkungan dan faktor latar belakang guru, sedangkan faktorpenghambat antara lain waktu yang terbatas, guru kurang mengoptimalkan dalammengembangkan kreativitas dan siswa kurang minat dalam mempelajaripembelajaran PAI.
Kata kunci : Kreativitas Guru, Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Aslikhatul Afidariyani - Personal Name
Student ID
2019010279
Dosen Pembimbing
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Moh. Sakir, M Ag - - Penguji 1
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail