Prodi Pendidikan Agama Islam
PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DI SMA NEGERI 1 MOJOTENGAH DI WONOSOBO
XMLTujuan dari penelitian adalah : (1) Untuk mengetahui pembelajaran CTL (contextual teacing and learning) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI PAI BP SMA Negeri 1 Mojotengah Wonosobo, (2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran CTL (contextual teaching andlearning) berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan motivasi belajarsiswa kelas XI SMA Negeri 1 Mojotengah Wonosobo, (3) Untukmengetahui motivasi dalam pembelajaran PAI BP siswa kelas XI SMAnegeri 1 Mojotengah, (4) Untuk mengetahui faktor pendukung danpenghambat penerapan model pembelajaran CTL (contextual teaching andlearning) berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan motivasi belajarPAI BP siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mojotengah.Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitianlapangan dengan jenis penelitian kualitatif : yaitu penelitian yangmenghasilkan data deskriptif bukan secara numerik. Metode pengumpulandata yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptifkualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran guru sangat pentingdalam berhasilnya suatu proses pembelajaran. Dalam pembelajaran CTL inimetode yang sering digunakan adalan modeling, pemodelan dengankegiatan praktik. Dengan kegiatan praktik siswa lebih mudah mengingatsuatu pelajaran karena merasakan secara langsung simulasi dari suatupembelajaran dengan demonstrasi.
Kata Kunci : CTL, Motivasi, PAI BP
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Asfiyah Is’ad Agustina - Personal Name
|
Student ID |
2018010117
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |