PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN REWARD UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH QIRA’AH TERHADAP SISWA KELAS V MI MA’ARIF TEGAL SARI

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE DENGAN REWARD UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH QIRA’AH TERHADAP SISWA KELAS V MI MA’ARIF TEGAL SARI

XML

Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan, yaitu: 1) Menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe rotating trio exchange dengan reward dalam pembelajaran bahasa Arab khusunya Maharah Qira’ah. 2) Untuk mengetahui perbedaan pembelajaran maharah qira’ah antara yang menggunakan model pembelajaran rotating trio exchange dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. 3) Untuk mengetahui adanya peningkatan Maharah Qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab.
Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif dan desain penelitian jenis quasi experiment design dengan Teknik nonequivalent control grup design. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif Tegal Sari, dengan sampel siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa yang terbagi menjadi du akelas. Pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi partisipan, tes soal uraian maupun pilihan ganda dan dokumentasi.
Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe rotating trio exchange dengan reward dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan tema .... Hasil penelitian menunjukkan (1) Menerapkan Pembelajaran Rotating Trio Exchange didapatkan hasil bahwa rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 64,73 dengan kategori kurang dan 50,33 pada kelas kontrol dengan kategori kurang. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 77,20 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol 59,53. (2) Dari analisis Uji Hipotesis diperoleh thitung 3,98 dan ttabel 2,048 dengan taraf 5% karena thitung 3,98 > ttabel 2,048. Dari data di atas maka ada perbedaan maharah qira’ah antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. (3) Dari hasil data uji gain kelas eksperimen sebesar 0,353 kategori sedang dan pada kelas kontrol diperoleh 0,185 dengan kategori rendah, membuktikan bahwa adanya peningkatan maharah qira’ah dalam bahasa Arab. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe rotating trio exchange dapat meningkatkan maharah qira’ah pada tema ...
Kata kunci : model pembelajaran, rotating trio exchange, reward, maharah qira’ah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Fitri Mustaghfiroh - Personal Name
Student ID
2019040060
Dosen Pembimbing
Chairani Astina, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Saefullah, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail