Prodi Pendidikan Bahasa Arab
EFEKTIVITAS ATOMIC HABITS TERHADAP PENINGKATAN MAHARAH KALAM PESERTA DIDIK PROGRAM BILINGUAL SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO
XMLSkripsi ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui tingkat keefektifan penerapan atomic habits hasil pemikiran James Clear dalam meningkatkan kemahiran maharah kalam peserta didik bilingual SMA Takhassus Al-Qur‟an Kalibeber Wonosobo. Kemahiran maharah kalam melibatkan kemampuan berbicara peserta didik menggunakan dan mengekspresikan diri secara lisan dengan bahasa Arab. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan tujuan untuk mengumpulkan data yang dapat diukur secara numerik dan menganalisisnya secara statistik. Penelitian ini menggunakan desain one grup pretest-posttest, dimana dalam penelitian ini hanya menggunakan satu grup atau satu kelas.Subjek penelitian ini adalah peserta didik yang jumlahnya 20 peserta didik bilingual SMA Takhassus Al-Qur‟an Kalibeber Wonosobo. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Adapun variabel bebasnya adalah penerapan atomic habits, sedangkan variabel terikatnya adalah peningkatan maharah kalam peserta didik bilingual SMA Takhassus Al-Qur‟an Kalibeber Wonosobo dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara yang melibatkan pembina asrama bilingual dan peserta didik bilingual SMA Takhassus Al-Qur‟an Kalibeber Wonosobo, tes pretestposttest dan dokumentasi. Hasil penelitian pretest-posttest yang dilakukan dengan cara tes secara lisan dengan jumlah soal pretest 8 dan soal posttest 15 kemudian diolah, dianalisis kemudian dibandingkan menggunakan uji normalitas, uji t-test dan uji N-Gain untuk mengetahui tingkat perbedaan, peningkatan serta keefektifan peningkatan maharah kalam peserta didik bilingual. Hasil penelitian ini menunujukan bahwa: 1) Penerapan atomic habits terbukti efektif untuk meningkatkan maharah kalam peserta didik bilingual, 2) Adanya peningkatan penguasaan maharah kalam peserta didik bilingual setelah adanya penerapan atomic habits 3) Adanya perbedaan maharah kalam pesrta didik dengan adanya penerapan atomic habits dengan hasil perhitungan analisis data yang diperoleh yaitu diperoleh hasil thitung= 10,3202 dan ttabel= 2,0930 untuk ????= 5% dan 2,8609 untuk ????= 1% dengan dk= n-1= (20-1)= 19, karena thitung>ttabel maka H 2 diterima dengan penerapan atomic habits dapat meningkatkan maharah kalam peserta didik bilingual.
Kata Kunci: Efektivitas, Atomic Habits, Maharah Kalam.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Dwi Astri Dyah Anggraini - Personal Name
|
Student ID |
2019040014
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |