PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE RANDOM PAIRS GROUP BERBASIS PERMAINAN KARTU SORTIR UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH QIRA’AH SISWA KELAS VIII MTS TAKHASUS AL-QUR’AN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2023/2024

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE RANDOM PAIRS GROUP BERBASIS PERMAINAN KARTU SORTIR UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH QIRA’AH SISWA KELAS VIII MTS TAKHASUS AL-QUR’AN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2023/2024

XML

Penelitian ini betujuan untuk: (1) menerapkan model pembelajaran cooperative tipe random pair group berbasis permainan kartu sortir dalam meningkatkan penguasaan maharah qira’ah di kelas VIII MTs Takhasus AlQur’an Wonosobo, (2) mengetahui adanya peningkatan penguasaan maharah qira’ah kelas VIII MTs Takhasus Al-Qur’an Wonosobo setelah diterapkan model pembelajaran cooperative tipe random pair group berbasis permainan kartu sortir. (3) mengetahui perbedaan penguasaan maharah qira’ah antara yang menggunakan pembelajaran cooperative tipe random pair group berbasis permainan kartu sortir dan yang tidak menggunakan model pembelajaran cooperative tipe random pair group berbasis permainan kartu sortir dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di MTs Takhasus Al-Qur’an Wonosobo. peneliti menggunakan model quasi experimen yaitu metode eksperimen yang pengontrolannya dilakukan terhadap satu variabel saja, yaitu variabel yang dipandang paling dominan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan statistika berupa uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran cooperative tipe random pairs group berbasis permainan kartu sortir ini mendapat respon positif dari siswa, (2) Adanya peningkatan penguasaan maharah qira’ah dibuktikan dengan hasil uji gain sebesar 0,55 dengan kategori sedang, (3) Ada perbedaan penguasaan materi terkait maharah qiraah antara model pembelajaran random pairs group berbasis permainan kartu sortir dengan model pembelajaran konvensional dengan perhitungan analisis t-test dimana thitung sebesar 5,59 lebih besar dibandingkan ttabel yang hanya 2,69 pada taraf signifikansi 5% dan 2,01 pada taraf signifikansi 1%. Karena thitung > ttabel maka H???? diterima sehingga ada perbedaan antara kedua kelas tersebut.
Kata Kunci: Random Pairs Group, Maharah Qiraah, Model Pembelajaran


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2019040061
Dosen Pembimbing
Dr. Asep Sunarko, M.Pd. I. - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail