PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN MAHĀRAH QIRĀ’AH PADA SANTRI MA'HAD MAMBA'UL QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN MAHĀRAH QIRĀ’AH PADA SANTRI MA'HAD MAMBA'UL QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO

XML

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menerapkan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam pembelajaran Mahārah Qirā’ah santri kelas 2 ula B dan 2 ula C pondok pesantren Mah’ad Mamba’ul Qur’an. (2) Untuk mengetahui peningkatan Mahārah Qirā’ah setelah menggunakan metode CIRC. (3) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan Mahārah Qirā’ah antara yang menggunakan metode CIRC dan yang tidak menggunakan metode CIRC. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di pondok pesantren Mah’ad Mamba’ul Qur’an, dengan jenis penelitian eksperimen sedangkan desain penelitiannya adalah pretest-post-test Control Group Desagn dalam prakteknya. Dalam penelitian ini terdapat dua variable penelitian, yaitu variable bebas dan variable terikat. Adapun variabel bebas adalah penggunaan metode CIRC. Dan variabel terikatnya adalah peningkatan Mahārah Qirā’ah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis pendahuluan, analisis hasil pre-test dan post-test, serta uji hipotesis. Hasil penelitian in menunjukan bahwa : pertama, ada peningkatan Mahārah Qirā’ah dipelajaran Bahasa Arab santri kelas 2 ula B di pondok pesantren Mah’ad Mamba’ul Qur’an pada kelas eksperimen sebesar 0,670, sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan penguasaan pada kelas eksperimen sedang lebih tinggi dari kelas kontrol, karena hasil uji gain yaitu 0,670. Hasil dari uji gain kelas kontrol diperoleh hasil 0,414 sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan Mahārah Qirā’ah santri pada kelas kontrol sedang, karena hasil uji gain yaitu 0,414. Kedua, ada perbedaan Mahārah Qirā’ah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini dapat ditunjukkan dengan perhitungan uji hipotesis dengan hasil tthit > ttab atau 6,46 > 2,048 dengan taraf signifikansi 5%, dan 6,46 > 2,763 dengan taraf signifikansi 1%.
Kata kunci: metode CIRC, Mahārah Qirā’ah, Bahasa Arab


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ata Nurbaiti Uli - Personal Name
Student ID
2018040037
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Rifqi Aulia Rahman, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail