Prodi Pendidikan Bahasa Arab
IMPLEMENTASI KITAB AL-MIFTӒḤ LIL ULŪM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QAWAID SANTRI PONDOK PESANTREN ULUMUL QUR’AN AL-QINDILIYAH WONOSOBO
XMLPenelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan pembelajaran kitab AlMiftӓḥ Lil Ulūm untuk meningkatkan hasil belajar qawaid pada santri Pondok Pesantren Ulumul Qur‘an Al-Qindiliyah Wonosobo; 2) mengetahui peningkatan hasil belajar qawaid pada santri setelah diterapkan pembelajaran kitab Al-Miftӓḥ Lil Ulūm; 3) mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang diterapkan pembelajaran kitab Al-Miftӓḥ Lil Ulūm dengan kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif lapangan dengan jenis eksperimen. Dimana, penulis mengambil sejumlah 30 santri sebagai sampel yang terdiri dari 15 siswa di kelas eksperimen dan 15 lainnya di kelas kontrol. Sebelum pembelajaran dimulai, terlebih dahulu dilakukan pretest di kedua kelas. Setelah itu, dilaksanakan pembelajaran dimana pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran kitab Al-Miftӓḥ Lil Ulūm, sedangkan pada kelas kontrol dilaksanakan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran, dilakukan postest pada kedua kelas. Selanjutnya, data pretest dan postest tersebut diolah untuk dicari tahu adakah peningkatan setelah menerapkan pembelajaran kitab Al-Miftӓḥ Lil Ulūm tersebut diterapkan (menggunakan uji N-Gain) dan adakah perbedaan hasil penilaian antara kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran kitab Al-Miftӓḥ Lil Ulūm dan kelas kontrol yang hanya menerapkan pembelajaran konvensional (menggunakan uji t-test). Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) dalam pembelajaran kitab Al-Miftӓḥ Lil Ulūm di Pondok Pesantren Ulumul Qur‘an Al-Qindiliyah Wonosobo terdapat langkah-langkah yaitu, peserta didik secara bersamaan melantunkan lagu-lagu nyanyian nadzam Al-Miftӓḥ yang berhubungan dengan materi yang disampaikan; 2) terdapat peningkatan hasil belajar qawaid pada santri kelas eksperimen sebesar 0,73 yang termasuk kedalam kategori tinggi dan peningkatan sebesar 0,27 untuk kelas kontrol dengan kategori rendah; 3) ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan t hitung 8,85 > t 2,048 untuk taraf signifikasi 5% dan t 8,85 > t tabel hitung tabel 2,763 untuk taraf signifikasi 1%. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: Implementasi, kitab Al-Miftӓḥ Lil Ulūm, Qawaid
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Alfa Nurjannah - Personal Name
|
Student ID |
2019040042
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |