PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MAHĀRAH KALĀM SISWA KELAS X KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH TANBIHUL GHOFILIN BANJARNEGARA

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MAHĀRAH KALĀM SISWA KELAS X KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH TANBIHUL GHOFILIN BANJARNEGARA

XML

Pembelajaran Mahārah Kalām di MA Tanbihul Ghofilin Banjarnegara menggunakan model pembelajaran konvensional. Akan tetapi, ketika proses pembelajaran berlangsung banyak ditemukan siswa yang pasif, kurang berpartisipasi dan banyaknya siswa yang menganggap bahwa pembelajaran bahasa Arab itu sulit. Oleh karena, itu perlu diterapkannya model pemebelajaran yang bervariasi dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui bagaimana cara penerapan model pembelajaran kooperatif IOC pada pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan penguasaan mahārah kalām siswa kelas X Keagamaan MA Tanbihul Ghofilin Banjarnegara. 2) Untuk mengetahui adanya peningkatan penguasaan mahārah kalām setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif IOC pada pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan penguasaan mahārah kalām siswa kelas X Keagamaan MA Tanbihul Ghofilin Banjarnegara. 3) Untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif IOC dan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif IOC pada pembelajaran bahasa Arab kelas X Keagamaan MA Tanbihul Ghofilin Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan kuantitatif eksperimen yang menggunakan desain nonequivaent contlro group design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Keagamaan MA Tanbihul Ghofilin Banjarnegara yang berjumlah 41 siswi yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen dan kontrol, Kemudian kelompok eksperimen dan kontrol dikenakan tes kemampuan awal (pretest) dan di akhir dikenakan tes akhir berupa soal tes lisan (posstest). Kemudian hasilnya diolah, dianalisis, dan dibandingkan menggunakan uji t-test dan uji N-Gain skor untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan mahārah kalām antara kedua kelompok yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) dalam pembelajaran mahārah kalām di MA Tanbihul Ghofilin menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe IOC terdapat langkah-langkah yang digunakan ketika pembelajaran berlangsung; 2) terdapat peningkatan mahārah kalām peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,804 yang termasuk kedalam kategori tinggi; 3) ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan thitung 10,198 > ttabel 2,022. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: model pembelajaran, kooperatif tipe inside outside circle (ioc), mahārah kalām


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Afifatul Azizah - Personal Name
Student ID
2019040024
Dosen Pembimbing
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Dosen Pembimbing 1
Chairani Astina, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Penguji 1
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail