Prodi Pendidikan Fisika
IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VII SMP NUSANTARA TAHUN AJARAN 2022/2023
XMLSkripsi ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa dalam pembelajaran IPA. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains siswa dengan model discovery learning dalam pembelajaran IPA. (3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi sains siswa menggunakan model discovery learning pada pembelajaran IPA, khususnya pada siswa kelas VII SMP Nusantara Wonosobo tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan yaitu eksperimen dengan desain quasi experimental. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling. Popolasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Nusantara Wonosobo Tahun Ajaran 2022/2023 yang kemudian diambil dua kelas sebagai sampel, satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengambilan data dalam penelitia berupa observasi, dokumentasi, dan tes yaitu adanya pretest dan posttest. Uji hipotesis dalam penelitian menggunakan Uji-t dan dan Uji N-gain dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukan bahwa pertama, kemampuan literasi sains siswa dalam pembelajaran IPA dengan model discovery learning antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda. Hal ini dibuktikan dengan ????0 ditolak dan ???????? diterima ditunjukan dengan perolehan ????ℎ ???????????????????? sebesar 6,17 dan lebih besar dari ???????????????????????? pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,01. Sehingga thitung > t tabel yaitu 6,17 > 2,01. Kedua, sesuai dengan pengujian hipotesis dengan N-gain terbukti bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi sains siswa dalam pembelajaran IPA dengan model discovery learning. Nilai rata-rata untuk masing-masing kelas yaitu kelas eksperimen dengan uji gain sebesar 79% atau 0,79 dan kelas kontrol dengan uji gain sebesar 25% atau 0,25. Pada pengkategoriannya untuk kelas eksperimen berada pada kategori tinggi dan kelas kontrol berada pada kategori rendah.
Kata kunci: Discovery Learning, Pembelajaran IPA dan Literasi Sains.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Naelatul Fuadiyah - Personal Name
|
Student ID |
2019020027
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |