Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INVESTIGASI GRUP PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD N 2 BANYUMUDAL SAPURAN WONOSOBO
XMLSkripis ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe invetigasi grup pada pembelajaran PAI terhadap minat belajar siswa kelas IV SD N 2 Banyumudal; 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model Coopertive Learning tipe invetigasi grup pada pembelajaran PAI terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD N 2 Banyumudal; 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Model Cooparative Learning tipe invetigasi grup pada Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD N 2 Banyumudal. Skripsi menggunakan metode pre eksperimen. Bentuk dari desainnya ialah one grup pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 2 Banyumudal yang berjumlah 20 peserta didik dan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Pengambilan sampel pada penelitian ini memfokuskan pada peserta didik kelas IV sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, angket. Hasil pengumpulan data akan dianalisis dengan instrument penelitian berupa validitas, relibilitas. Analisis data dengan uji homogenitas, uji normalitas, uji t-test dan kemudian analisis lanjutan dengan uji gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh pada Implementasi Model Cooperative Learning tipe invetigasi grup pada Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD N 2 Banyumudal dibuktikan dengan hasil petest dan posttest yang telah dilakukan dan penyebaran angket untuk mengetahui minat belajar siswa; 2) besarnya pengaruh pada penelitian Implementasi Model Cooperative Learning tipe invetigasi grup pada Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD N2 Banyumudal dapat dilihat dari hasil pretest dengan rata-rata 60,75 dan hasil ratarata posttest dengan rata-rata 74,25; 3)Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model cooperative learning tipe invetigasi grup pada pembelajaran PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa SDN 2 Banyumudal terdapat pada guru, siswa, dan media pembelajaran.
Kata kunci: Pembelajaran PAI, Cooperative Learning tipe invetigasi grup
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Anida - Personal Name
|
Student ID |
2019010095
|
Dosen Pembimbing |
Dr. H. Ngarifin Shidiq, Alh.,M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |