PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI AYAT AL QUR’AN

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI AYAT AL QUR’AN

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul yang digunakan pada pembelajaran IPA berbasis PBL yang diintegrasikan dangan ayat al-Qur’an dan untuk mengembangkan produk pembelajaran yang valid, praktis dan efektif digunakan untuk siswa di era saat ini yang sesuai dengan kebutuhan masa sekarang dan masa yang akan datang. Pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan RnD dengan model pengembangan 4-D. Model pengembangan 4-D terdiri dari 4 langkah yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Instrumen pada penelitian ini yang digunakan berupa lembar validasi, lembar angket, tes, dan lembar observasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini berupa uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis serta uji N-Gain . Pengembangan modul pembelajaran IPA terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an didasarkan sebagai media alternatif untuk mengenalkan kebesaran Allah SWT yang tertuang dalam ayat-ayat Al-Qur’an khususnya yang menyebutkan tentang fisika. Hasil validitas mendapat skor berturut-turut dengan rata-rata dari ahli media4,53 dan ahli materi 4,75 sehingga termasuk dalam kategori sangat valid. Kepraktisan modul ini berdasarkan pada uji kepraktisan oleh pengguna (peserta didik) mendapatkan skor rata-rata 4,75 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan nilai prestest dan posttest yang dianalisis menggunakan uji t. Hasil analisis uji t menghasilkan t hitung sebesar -0,314, dan nilai t tabel 1,677dengan nilai t hitung Kata Kunci: Modul Pembelajaran; PBL; Terintegrasi; Hasi Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Sri Rahayu Savitri - Personal Name
Student ID
2019020025
Dosen Pembimbing
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail