PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF QUIZIZZ BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF QUIZIZZ BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN FISIKA

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) menguji validitas media pembelajaran fisika Quizizz berbasis Etnosains; 2) menguji kepraktisan media pembelajaran fisika Quizizz berbasis Etnosains; 3) menguji keefektifan media pembelajaran fisika Quizizz berbasis Etnosainsuntuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analyze, design, develop, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data melalui observasi, penyebaran angket, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder (buku yang berkaitan dengan materi fluida dinamis, buku penelitian, artikel, situs internet, dan penelitian terdahulu). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, instrumen angket validitas modul, instrumen angket praktikalitas, dan instrumen angket efektivitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validitas produk, analisis kepraktisan produk, dan analisis uji t dan uji n-gain untuk menguji keefektifan produk dalam meningkatkan hasil belajar. Hasil penelitian menghasilkan media pembelajaran fisika Quizizz berbasis Etnosains, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa:. 1) Media pembelajaran mendapat nilai dari ahli materi 88,6%, nilai dari ahli media 97%, sehingga diperoleh presentase keseluruhan 93% sehingga masuk dalam katerogi “sangat valid”; 2) media pembelajaran fisika Quizizz berbasis Etnosains untuk hasil kepraktisan media pembelajaran ini mendapat nilai dari penguna 80%, sehingga dapat dikatakan “praktis”; 3) media pembelajaran fisika Quizizz berbasis Etnosains untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan uji t dan menghasilkan adanya perbedaan hasil belahar siswa anatara sebelum dan sesudah meggunakan media pembelajaran uji t menghasilkan t hitung sebesar -13,94 harga thitung adalah nilai mutlak, jadi tidak dilihat (+) atau (-)nya sehingga dapat dikatakan terdapat peningkatan hasil belajar dan berdasarkan uji n-gain didapatkan klasifikasi n-gain sebesar 0,716 berkategori “tinggi”.
Kata Kunci : media, quizizz, etnosains, fisika, hasil belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Sita Dewi - Personal Name
Student ID
2019020018
Dosen Pembimbing
Dr. Abdul Majid, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail