PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PjBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR INOVATIF (STUDI KOMPARASI SEKOLAH UMUM DAN SEKOLAH KEAGAMAAN)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PjBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR INOVATIF (STUDI KOMPARASI SEKOLAH UMUM DAN SEKOLAH KEAGAMAAN)

XML

Pembelajaran IPA sangat memerlukan kemampuan yang melibatkan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, inovatif, dan logis untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan tersebut juga menjadi tujuan dari kurikulum 2013 dalam mempersiapkan warga negara yang memiliki kompetensi yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif. Seiring perkembangan era globalisasi, pembelajaran IPA dengan kurikulum 2013 tentunya penting untuk mengupayakan kompetensi belajar yang dapat menyelesaikan permasalahan dengan mewujudkan ide kreatif dalam suatu hal baru dan mendorong siswa produktif di masa yang akan datang, sehingga keterampilan berpikir inovatif menjadi salah satu solusinya. Keterampilan berpikir inovatif dapat diupayakan oleh guru dalam pemilihan model pembelajaran yang digunakan seperti model Project Based Learning (PjBL). Namun, pendidikan di Indonesia dikotomik antara sekolah umum dan sekolah keagaman. Tujuan dalam penelitian ini mengkomparasikan antara sekolah umum yaitu SMP N 1 Kejajar dengan sekolah keagamaan yaitu MTs Al Ghozaly dalam peningkatan keterampilan berpikir inovatif dengan menerapkan model PjBL dalam pembelajaran IPA. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pelaksaan penelitian menggunakan rancangan True Eksperimental Design jenis pretest posttest with control group design. Hasil uji hipotesis dengan t-test didapatkan thitung>ttabel (2,219>2,015) maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir inovatif dari sampel yang diambil dari kedua sekolah. Peningkatan hasil pretest dan posttest dilakukan denga uji N-gain dengan hasil sampel kelas VIII C MTs Al Ghozaly didapatkan 0,72 maka tergolong tinggi dan sampel kelas VIII A SMP N 1 Kejajar didapatkan 0,29 maka tergolong rendah.
Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Keterampilan Berpikir Inovatif, Model PjBL.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Rum Ifadatul A'la - Personal Name
Student ID
2019020029
Dosen Pembimbing
Ahmad Zuhdi, M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Nugroho Prasetya Adi, M. Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sri Jumini, M.Pd - - Penguji 1
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail