IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi pembelajaran IPA berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa; 2) mengetahui hasil signifikansi berpikir kritis siswa pada implementasi pembelajaran IPA berbasis proyek; 3) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA berbasis proyek. Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan yaitu eksperimen dengan desain quasi experimental. Sampel dipilih menggunakan teknik non probability porposive sampling atau memilih sampel atas dasar tujuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi diambil dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa pretest dan posttest, angket respon siswa, wawancara, dan dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini dengan menggunakan Uji-t dan Uji Gain dengan bantuan SPSS. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, implementasi pembelajaran IPA berbasis proyek mampu memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami konsep materi melalui media pembelajaan berupa proyek. Kedua, kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dibuktikkan dengan Ho ditolak dan Ha diterima yang ditunjukkan dengan perolehan thitung sebesar 3,868 dan lebih besar dari ttabel sebesar 2,045 pada taraf signifikansi 5%, maka thitung > ttabel yaitu 3,868 > 2,045 sehingga kemampuan berpikir kritis dinyatakan signifikan. Ketiga, sesuai dengan pengujian hipotesis uji gain terbukti bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,305 atau 30,5% pada kriteria sedang, dan 0,134 atau 13,4% pada kriteria rendah. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa ini berdasarkan indikator yang diukur memiliki kecenderungan persentase yang kuat pada aspek basic clarification dan the bases for the decision dimana menunjukkan persentase 64% dan 66%. Peningkatan kemampuan berpikir kritis berdasar angket presentase pada kategori kuat pada indikator menilai kredibilitas sumber informasi dengan nilai persentase 86%.
Kata Kunci: pembelajaran IPA berbasis proyek, angket respon, berpikir kritis


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Roestina Aprillia - Personal Name
Student ID
2019020004
Dosen Pembimbing
Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Darul Muntaha, S.Sos.I., M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sri Jumini, M.Pd - - Penguji 1
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail